Plt Bupati Cianjur Yakin Dana Korupsi Tak Sampai ke Tangan Irvan

Jum'at, 14 Desember 2018 - 19:05 WIB
Plt Bupati Cianjur Yakin Dana Korupsi Tak Sampai ke Tangan Irvan
Plt Bupati Cianjur Herman Suherman. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Cianjur menggantikan Irvan Rivano Muchtar yang tertangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (14/12/2018).

Pascaresmi menjabat Plt Bupati Cianjur, Herman mengaku sedih dan seakan tak percaya atas apa yang disangkakan kepada mantan atasannya itu. Pasalnya, Irvan Rivano Muchtar dikenal sebagai pribadi dengan integritas baik dan taat beragama.

Herman menilai, Irvan Rivano Muchtar yang ditetapkan tersangka korupsi DAK bidang pendidikan Kabupaten Cianjur itu sebagai korban dari perilaku bawahan.

"Saya tahu Bupati ini (Irvan) integritasnya bagus, agamanya bagus. Dia membina kami, mengajarkan sangat hati-hati. Mungkin beliau lengah dalam pengawasan. Saya meyakini (potongan dana pendidikan), enggak sampai (ke tangan) Pak Irvan. Saya tahu karakter beliau, sudah 2,5 tahun mendampingi, mungkin beliau lemah," kata Herman seusai menerima formulir
berita Gubernur Jabar mengenai penetapan Plt Bupati Cianjur di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (14/12/2018).

Herman pun menjamin, aktivitas pendidikan di Kabupaten Cianjur tetap berjalan tanpa kendala. Pasalnya, kata Herman, pemangkasan DAK bidang pendidikan itu baru sebatas dugaan.

"Itu kan dugaan. Pemkab Cianjur sudah menunjuk sejumlah pejabat pelaksana tugas pengganti pejabat Dinas Pendidikan Cianjur yang ditangkap KPK," ujar Herman.

Dalam kesempatan itu, Herman juga mengakui, pascapenangkapan Irvan Rivano Muchtar, sempat terjadi euforia masyarakat Cianjur. Meski begitu, Herman memastikan, kondisi tersebut telah diatasi dan situasi Cianjur sudah kembali kondusif.

"Ada euforia dari masyarakat, seperti yang di pesan-pesan (unggahan di media sosial), mereka merasa senang. Tapi semua bisa terkendali, pelayanan di lapangan juga berjalan biasa," tutur dia.

Herman pun mengungkapkan, siap menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Cianjur. Hal yang pertama yang akan dilakukannya, yakni memastikan kondusivitas aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Cianjur. Herman pun berjanji melanjutkan program kerja Irvan Rivano Muchtar yang fokus pada bidang infrastruktur dan pariwisata.

Diketahui, penunjukan Herman Suherman sebagai Plt Bupati Cianjur dilakukan oleh Gubernur Jabar Ridwan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.32/11174/sj tentang Penugasan Wakil Bupati Cianjur sebagai Plt Bupati Cianjur.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0355 seconds (0.1#10.140)