Rem Blong, Bus Pariwisata Hantam Enam Kendaraan di Lembang

Jum'at, 14 Desember 2018 - 18:50 WIB
Rem Blong, Bus Pariwisata Hantam Enam Kendaraan di Lembang
Petugas mengevakuasi salah satu kendaraan yang terlibat tabrakan beruntun akibat bus pariwisata mengalami rem blong di ruas jalan raya Tangkuban Parahu, Lembang, KBB, Jumat (14/12/2018). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Tabrakan beruntun yang melibatkan enam kendaraan minibus dengan sebuah bus pariwisata terjadi di ruas Jalan Raya Tangkuban Parahu, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (14/12/2018) siang.

Beruntung kecelakaanitu tidak menimbulkan korban jiwa dan hanya mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di jalur wisata tersebut di kedua arah sepanjang 3 kilometer.

Kecelakaan ini diduga karena bus dengan nomor polisi BE 7184 AU itu mengalami rem blong ketika meluncur dari atas atau dari arah Tangkuban Parahu menuju Kota Lembang.

"Keterangan dari sopir bus, Iswanto, dia tidak bisa mengendalikan kendaraannya di jalan menurun tersebut karena remnya blong," kata Kapolsek Lembang Kompol Dedi Hermayadi kepada wartawan di lokasi kejadian.

Menurut dia, sopir bus sempat panik karena laju kendaraan terus bertambah kencang. Tidak mau ambil risiko, Iswanto kemudian mencari tempat berhenti yang aman dari kerumunan orang.

Namun dia tidak sempat menemukan lahan kosong, dan hanya empat kendaraan di depannya. Akhirnya tidak ada pilihan lagi, bus tersebut menabrak empat kendaraan di depannya lalu menabrak lagi dua kendaraan dari arah berlawanan. Sehingga, total kendaraan yang terlibat kecelakaan tersebut ada sebanyak tujuh unit.

Seusai tabrakan, bus berhenti. Sedangkan jalan raya Tangkuban Parahu-Lembang macet total. Untuk melancarkan arus lalu lintas, petugas Polsek Lembang dengan dibantu warga menyingkirkan kendaraan yang melintang di tengah jalan.

Meski tidak ada korban jiwa, tapi akibat kecelakaan itu ada satu penumpang yang mengalami luka ringan. "Tidak ada korban jiwa, kami sudah cek. Yang ada hanya ada satu penumpang bus lukan ringan akibat benturan," ujar Kapolsek.

Setelah itu, tutur Dedi, bus pariwisata yang mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan dibawa ke tempat parkir objek wisata Grafika untuk diperiksa. Polisi juga sudah meminta keterangan semua sopir kendaraan yang terlibat kecelakaan untuk mengetahui detail kronologi kejadian.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9952 seconds (0.1#10.140)