Irvan Rivano Diciduk KPK, Emil Minta Warga Cianjur Tak Euforia

Jum'at, 14 Desember 2018 - 17:26 WIB
Irvan Rivano Diciduk KPK, Emil Minta Warga Cianjur Tak Euforia
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta warga Cianjur tak euforia menanggapi penangkapan Irvan Rivano Muchtar oleh KPK. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta warga Kabupaten Cianjur tak perlu memperlihatkan euforia menanggapi penangkapan Irvan Rivano Muchtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Permintaan tersebut disampaikan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, setelah dia mendengar kabar ada warga Cianjur yang menanggapi penangkapan mantan orang nomor satu di Kabupaten Cianjur itu dengan ekspresi berlebihan.

"Jangan berekspresi berlebihan, biasa saja, jaga kondusivitas," kata Emil seusai memberikan formulir berita Gubernur Jabar mengenai penetapan pelaksana tugas (Plt) Bupati Cianjur di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (14/12/2018).

Menurut Emil, dalam menyikapi penangkapan Irvan Rivano Muchtar, tentu ada pihak yang senang dan tidak senang. Oleh karena itu, sikap euforia tak perlu dilakukan karena akan berdampak terhadap kondusivitas di Cianjur.

"Hidup ini sewajarnya saja karena masing-masing dari pihak politik kan ada pendukungnya juga, ada yang suka dan enggak suka. Jadi secukupnya saja," ujar Emil.

Emil pun meminta seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Kabupaten Cianjur tetap menjaga stabilitas dan keberlanjutan pemerintahan di Kabupaten Cianjur, termasuk pelayanan publik yang harus terus berjalan.

Meski begitu, Emil mengaku optimistis roda pemerintahan di Kabupaten Cianjur berjalan normal. Terlebih, kata Emil, pihaknya telah resmi menetapkan Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman sebagai Plt Bupati Cianjur sesuai Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.32/11174/sj tentang Penugasan Wakil Bupati Cianjur sebagai Plt Bupati Cianjur.

"Saya juga akan segera berkunjung ke Cianjur. Provinsi akan mengawal kondusivitas Cianjur, semuanya dalam bimbingan Gubernur dan Pemprov Jabar.
Tolong Pak Herman kumpulkan para ulama, lakukan renungan, dan saling menasihati. Jangan terlulang lagi," tutur dia.

Dalam kesempatan itu, Emil Kembali mengungkapkan keprihatinannya atas penangkapan Irvan Rivano Muchtar yang kini sudah berstatus tersangka korupsi dana pendidikan Kabupaten Cianjur. Menurutnya, kasus ini menandakan bahwa integritas penyelenggara negara harus diperbaiki.

"Jangan main-main di wilayah yang melanggar aturan, apalagi sekarang warga mudah melaporkan. Siapa menabur niat, dia akan memanen hasil. Kalau niatnya buruk, hanya tinggal nunggu waktu," tandas Emil.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1973 seconds (0.1#10.140)