Suara Bergemuruh Hebohkan Warganet Majalengka

Jum'at, 14 Desember 2018 - 16:58 WIB
Suara Bergemuruh Hebohkan Warganet Majalengka
Suasana di Bundaran Munjul, Majalengka Kota. Siang hari nanti Kabupaten Majalengka diprakirakan diguyur hujan ringan. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Sebagian masyarakat di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, heboh setelah mengaku mendengar suara bergemuruh pada Jumat (14/12/2018) dini hari. Beberapa warga mengaku suara tersebut mirip dengan suara pesawat, tetapi terdengar jauh lebih keras.

Suara gemuruh yang menyerupai pesawat itu khususnya terdengar di Majalengka bagian utara. Hal tersebut seperti yang mereka sampaikan di fans page Grup Majalengka di Facebook.

"Mni alibur teuing suara aneh tabuh 2. Suara pesawatlah.. Suara gesekan. Saleresna suara naon lur..??? (Sangat heboh suara aneh pukul 2. (ada yang ngira) suara pesawatlah, suara gesekan. Sebenarnya suara apa???)" tulis akun Aan Nubhogalhampumhera di Grup Majalengka.

Kiriman unggahan Aan itu pun kontan mengundang banyak komentar dari warganet. Tidak sedikit dari member grup yang mengaku mendengar suara gemuruh pada waktu yang hampir sama dengan yang disebutkan Aan.

"Pengalaman saya naik pesawat yhh, suara smalam itu jelas dan persis sekali seperti pesawat mau mendarat, kan pesawat kllo moo terbang sama mendarat itu beda.
Nahh itu bnr" keras sekali suaranya, ngaguruh we lah poko naa mhh (pokoknya suaranya bergemuruh). Jeng asa ni deket pisan di luhur knteng, (dan kayak dekat sekali, di atas genteng). stngah sadar ker sare oge replek ngadele kaluhur jng nutupan celi ku bungeng. (setengah sadar sedang tidur juga repleks melihat ke atas sambil nutupin telinga karena berdengung)," tulis akun Nisa Nurjaya, warganet asal Desa Lojikobong, Kecamatan Sumberjaya itu mengomentari kiriman Aan.

Hal serupa juga dialami oleh warganet lainnya, Iqbal Mutthohar. Dia mengaku suara yang didengarnya tadi malam berbeda dengan suara pesawat yang pernah didengarnya sebelumnya.

"Muhun k abdi k pireng na siga kitu, tpi ku abdi mh ts apal suara pesawat, pek pikir hela abdi th ngajelaskn suarana na hela, ck abdi th naha suarana meni nga hiung bari jng ngaguruh lami, da ari nu biasa mh nara tarik pisan jng t lami dei nya. (Iya, saya mendengarnya seperti itu. Tapi (karena) tau suara pesawat, saya coba perhatikan, memperjelas suaranya dulu. Kenapa suaranya sangat lama dan berdengung, juga bergemuruh. Kalau yang biasa mah nggak pernah keras dan nggak lama ya)," jelas dia.

"Abi kan uih ti pabrik tabuh satengah satu, langsung nonton tv pas aya maen bola. Jadi teu kapireng sora gesekan mah. Mun sora udara nya muhun meni tarik ngaguruh. Cek hate mah "piraku wayah kieu aya sora udara" da mun aya ge pasti ngan kucap-kicep lampunana we di luhur. (saya kan pulang dari pabrik jam setengah satu, langsung nonton tv pas ada sepak bola. Jadi suara gesekan mah nggak denger. Namun suara udaranya, iya sangat kenceng, bergemuruh. Dalam hati mah 'masak malam-malam begini ada suara udara?' Kalaupun ada juga, pasti hanya kelihatan kelap-kelip lampunya saja di atas," timpal pemilik akun Yan Fiero, warga Desa Mandapa, Kecamatan Dawuan.

Beberapa warganet juga mengatakan bahwa suara itu berasal dari suara pesawat berukuran besar. "SORA PESAWAT TERBESAR TI UNISOVIET.. NGALIWAT DI UDARA JATENG (Suara pesawat terbesar dari Unisoviet, melewat di udara Jateng," tulis pemilik akun Aldi Ibnun.

"SUARA pesawat ANTONOV," timpal akun Chong.

Sementara, suara bergemuruh di langit Majalengka pada Jumat dini hari itu belum diketahui secara pasti dari mana sumbernya. Saat dihubungi, pihak BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi mengaku tidak memiliki data terkait suara bergemuruh itu.

"Nggak ada, Mas. Nggak terdengar juga dari sini," kata Prakirawan BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn kepada SINDOnews.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8643 seconds (0.1#10.140)