Jelang Natal-Tahun Baru, Kapolda dan Pangdam Cek Harga Sembako di Pasar

Kamis, 13 Desember 2018 - 10:54 WIB
Jelang Natal-Tahun Baru, Kapolda dan Pangdam Cek Harga Sembako di Pasar
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewondo memimpin sidak harga sembako di Pasar Kosambi. Foto: ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengecek harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi, Jalan A Yani, Kota Bandung, Kamis (13/12/2018).

Kegiatan itu dilakukan untuk mengetahui kondisi harga dan ketersediaan komoditas kebutuhan pokok masyarakat menjelang hari raya Natal dan tahun baru 2019.

Selain Kapolda dan Pangdam, kegiatan itu diikuti juga oleh Sekda Jabar Iwa Karniwa dan Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polda Jabar, unsur Muspida, serta dinas terkait.

Antara lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jabar, Kepala Dinas Industri dan Perdagangan Jabar, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jabar, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar, Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Jabar, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Kepala Devisi Regional Bulog Jabar, dan Kepala Dinas Perdagangan dan Industri Kota Bandung.

Dari hasil Sidak harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Kosambi Bandung diketahui harga beberapa jenis komoditas masih stabil.

Harga beras medium IR 64 Rp10.000 per kg, beras premium IR 42 Rp12.000 per kg, gula pasir Rp12.000 per kg, minyak goreng kemasan Rp14.000 per kg, dan minyak goreng curah Rp10.000 per kg.

Kemudian, harga daging sapi murni Rp120.000 per kg, daging ayam broiler Rp36.000 per kg, daging ayam Kampung Rp80.000 per kg, telur ayam broiler Rp26.000 per kg, telur ayam kampung Rp2.500 per butir, jagung pipilan Rp10.000 per kg.

Garam Rp2.000 per bata, kedelai lokal Rp10.000 per kg, cabai merah keriting Rp35.000 per kg, cabai merah biasa Rp35.000 per kg, cabai rawit hijau Rp35.000 per kg, cabai rawit merah Rp.40.000 per kg.

Selain melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok Satgas Pangan Polda Jabar juga melakukan pengetesan terhadap komoditas daging dan olahan daging untuk memastikan mengandung klorin, formalin, dan daging babi atau tidak.

Pengetesan jenis bakso mendapatkan hasil bakso yang dijual di Pasar Kosambi bebas dari formalin dan daging celeng. Beras yang dites pun tidak mengandung klorin. Pengecekan terhadap daging sapi dan ayam pun dinyatakan bebas dari formalin.

"Pengetesan ini dilakukan untuk memastikan bahan pangan yang tersedia di pasar aman dan sehat untuk dikonsumsi. Tadi ngecek sample ayam, daging ikan yang paling penting baso harus halal, kedua harus terbebas dari campuran," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto seusai sidak.

Kapolda memastikan, hasil dari sidak di Pasar Kosambi Bandung, harga-harga stabil dan ketersediaan kebutuhan pokok mencukupi. Meski begitu, Satgas Pangan Polda Jabar akan terus memonitor kondisi harga pangan di pasar-pasar tradisional menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Jika terjadi lonjakan harga signifikan, kata Kapolda, dan kondisi itu terjadi akibat oknum yang melakukan permainan harga dan penimbunan, Satgas Pangan akan melakukan penelusuran.

"Jika ditemukan bukti oknum mempermainkan harga atau menimbun komoditas, manipulasi atau monopoli agar harga naik, akan ditindak tegas. Kalau (kenaikan) mekanisme pasar, fine saja. , kami akan melakukan penyelidikan," kata Agung.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4800 seconds (0.1#10.140)