BMKG Bandung Peringatkan Waspadai Hujan Sedang Disertai Petir

Kamis, 13 Desember 2018 - 05:00 WIB
BMKG Bandung Peringatkan Waspadai Hujan Sedang Disertai Petir
Menara Masjid Raya Bandung dilihat dari Jalan Dewi Sartika. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas 1 Bandung memberi peringatan dini bahwa ada potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada siang, sore, atau malam hari.

Peringatan tersebut didasarkan pada ramalan cuacan hari ini, Kamis (13/12/2018) yang berlaku mulai pukul 07.00 WIB hingga Jumat (14/12/2018) pukul 07.00 WIB.

Dalam memprakirakan cuaca itu, hujan intensitas sedang disertai petir bakal melanda Bandung utara, selatan, dan tengah pada siang menjelang sore. Sedangkan Bandung timur dan barat hanya diguyur hujan ringan.

Pada malam hari, hujan ringan menguyur semua kawasan di kota Parijs van Java. Sementara pada pagi, langit Bandung utara, selatan, barat, dan tengah, berawan. Hanya kawasan Bandung timur yang cerah berawan. Pada dini hari, langit Kota Bandung dan sekitarnya berawan.

Hujan tersebut diprakirakan melanda Bandung karena kelembapan udara yang tinggi di atas ketinggian 3 kilometer (km) di sebagian wilayah Jawa bagian barat, mendukung pertumbuhan awan hujan.

Suhu udara berkisar antara 20,6 derajat hingga 30,4 derajat Celsius. Kelembapan udara cukup tinggi 58%-92% dan angin berembus dari arah Barat Daya dengan kecepatan rata-rata 5-19 kilometer (km) per jam.

Suhu udara terendah di Bandung utara dan barat 20,2 derajat. Bandung selatan, timur, dan tengah 20,4 derajat. Sedangkan suhu tertinggi di Bandung utara, barat dan tengah 30,2 derajat. Sedangkan Bandung selatan dan timur 30,4 derajat Celsius.

Dalam prakirakan tersebut, BMKG menyebutkan ada aliran massa udara dingin yang signifikan ke wilayah Indonesia barat dan belokan angin atau shearline di wilayah Jawa Barat bagi barat.

BMKG Bandung Peringatkan Waspadai Hujan Sedang Disertai Petir
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8192 seconds (0.1#10.140)