Ini Profil Rektor UPI Terpilih Prof M Solehuddin

Minggu, 17 Mei 2020 - 13:04 WIB
loading...
Ini Profil Rektor UPI Terpilih Prof M Solehuddin
Majelis Wali Amanat (MWA) telah menetapkan Prof Dr M Solehuddin MPd MA sebagai Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masa bakti 2020-2025. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Majelis Wali Amanat (MWA) telah menetapkan Prof Dr M Solehuddin MPd MA sebagai Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) masa bakti 2020-2025. Di kalangan sivitas akademika UPI, Solehuddin selama ini telah dikenal luas berkat dedikasinya.

M Solehuddin merupakan tenaga dosen program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan UPI. Dia ditetapkan sebagai profesor/guru besar terhitung mulai 1 Desember 2019, dalam bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling Anak melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147234/MPK/KP/2019.

M Solehuddin berkarier di UPI dengan sejumlah pengalaman kepemimpinan. Beberapa jabatan penting pernah diembannya, pada berbagai unit kerja akademik. Di antaranya Sekretaris Program Studi, Ketua Program Studi, Wakil Direktur Bidang Akademik Sekolah Pascasarjana UPI, Sekretaris Eksekutif UPI, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UPI.

Dalam kertas kerjanya, M Solehuddin memaparkan kertas kerjanya tentang “UPI untuk Kemajuan Bangsa melalui Kampus Merdeka.” Program UPI EDUN menjadi program andalan dalam penyajian kertas kerja saat menjadi calon rektor pada proses pemilihan rektor lalu. (Baca juga; Prof M Solehuddin Terpilih Sebagai Rektor UPI Periode 2020-2025 )

EDUN berasal dari kata dalam Bahasa Sunda yang berarti “hade pisan” atau “benten ti nu sanes” (extraordinary). Rektor UPI terpilih ini memimpikan UPI untuk menjadi universitas yang luar biasa. EDUN juga merupakan singkatan dari Education for Upturn of Nation yang berarti pendidikan untuk perbaikan bangsa.

Secara lebih rinci, UPI EDUN itu berarti bahwa UPI harus etis, berbuat sesuai dengan nilai dan norma yang dianut, digjaya, memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bersaing dengan siapa pun. Juga UPI harus unggul, lebih baik (excellence) daripada yang lain, Nanjeur, berdiri dengan kokoh sampai kapan pun selama dunia ini masih ada.

Saat diwawancara Televisi UPI, Solehuddin mengajak civitas akademika UPI untuk saling bekerja sama sama membangun UPI. Tantangan UPI semakin berat dan tidak bisa diselesaikan oleh rektor sendirian. (Baca juga; UPI Tetapkan Tiga Calon Rektor, Petahana Tak Masuk Daftar )

"Ini suatu amanah dan tentunya beban yang amat berat. UPI merupakan perguruan tinggi yang besar. Perlunya kebersamaan, tidak mungkin UPI diurus oleh seorang rektor. Bagaimana kita membangun UPI bekerjasama tidak mungkin bekerja sendiri," ujar Solehudin.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1982 seconds (0.1#10.140)