Banten Lepas Saham bank bjb, Emil Pastikan Pemprov Jabar Ambil Alih

Selasa, 11 Desember 2018 - 17:48 WIB
Banten Lepas Saham bank bjb, Emil Pastikan Pemprov Jabar Ambil Alih
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat memastikan membeli seluruh saham milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten di bank bjb. Namun demikian, Gubernur Jabar belum bisa memastikan jumlah saham yang bakal dibeli, lantaran banyak kabupaten/kota yang juga berminat menambah kepemilikan saham di bank pelat merah tersebut.

Emil mengatakan, saham Pemerintah Provinsi Banten di bank bjb sebesar 5% atau sekitar Rp300 miliar. "Kami siap membeli saham yang akan dilepas oleh Pemprov Banten," kata Emil seusai RUPSLB di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Kota Bandung, Selasa (11/12/2018).

Menurut Emil, Pemprov Jabar harus berbagi dan tidak akan mengambil semua saham yang dilepas Pemprov Banten tersebut. Karena para pemegang saham, ingin memiliki saham yang bakal dilepas Provinsi Banten.

Namun, ujar dia, pihaknya memastikan Pemprov Jabar siap mengambil alih 100% saham Banten di bank bjb tersebut. Sebelum langkah pengambialihan saham yang dilepas Banten itu, Pemprov Jabar akan melakukan pembahasan dengan DPRD Jabar.

Emil mengatakan, alasan Pemerintah Provinsi Banten melepas saham di Bank BJB karena provinsi tersebut saat ini sudah memiliki bank pembangunan daerah sendiri. Namun realisasi penyertaan saham baru itu, kemungkinan baru terealisasi 2019, karena harus menganggarkan di APBD perubahan.

Pada RUPSLB itu, ujar dia, juga diusulkan pelepasan nama Banten pada penamaan Bank Jabar Banten. Namun pihaknya meminta tetap bernama bank bjb dengan kepanjangan Bank Jawa Barat.

Dalam RUPS Luar Biasa Bank BJB tersebut, pemerintah kabupaten/kota di Jawa Barat tidak setuju atau menolak nama Banten dihilangkan seiring dengan dilepaskan saham Provinsi Banten di Bank BJB.

"Jadi pas divoting, kami tidak ikut voting, kesimpulannya mereka tetap namanya pakai nama Bank Jawa Barat dan Banten sampai waktu tertentu," ungkap Emi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9460 seconds (0.1#10.140)