Besar Harto Resmi Pangkostrad, Pangdam Siliwangi Dijabat Tri Soewandono

Senin, 10 Desember 2018 - 23:54 WIB
Besar Harto Resmi Pangkostrad, Pangdam Siliwangi Dijabat Tri Soewandono
KSAD Jenderal TNI Andika Prakasa memimpin sertijab para Balakpus, termasuk jabatan Pangdam III/Siliwangi dari Mayjen TNI Besar Harto Karyawan kepada Mayjen TNI Tri Soewandono. Foto: ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Mayjen TNI Besar Harto Karyawan resmi mengemban jabatan baru sebagai Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad).

Sedangkan jabatan lamanya, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi diserahterimakan kepada Mayjen TNI Tri Soewandono. Sebelum memimpin Kodam Siliwangi, Tri Soewandono merupakan Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Komando Pendidikan dan Pelatihan Angkatan Darat (Danpussenif Kodiklatad).

Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Senin (10/12/2018). Selain Pangdam III/Siliwangi, upacara sertijab yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Prakasa itu juga dilakukan terhadap pejabat Balakpus lainnya.

Kasad Jenderal TNI Andika Prakasa mengatakan, terima kasih dan penghargaan tinggi kepada pejabat lama atas pelaksanaan tugas dan mengemban amanah jabatan dengan segala pengabdian serta dedikasi besar kepada TNI AD.

"Kepada pejabat baru, saya mengucapkan selamat atas kepercayaan dan amanah jabatan baru yang dipercayakan oleh pimpinan TNI AD. Semoga kepercayaan tersebut dapat membawa dan mengantarkan satuan-satuan yang jenderal pimpin menjadi lebih baik, maju, dan dapat mempersembahkan karya terbaik untuk kepentingan pelaksanaan tugas-tugas TNI AD dan kejayaan bangsa dan negara," kata Andika.

KSAD mengemukakan, pergeseran jabatan menunjukkan bahwa reformasi birokrasi terus berjalan seiring meningkatnya profesionalitas sumber daya manusia (SDM) dilingkungan TNI AD.

"Kepada pejabat baru saya berharap kehadirannya dapat meningkatkan kinerja organisasi dan membawa perubahan yang lebih baik," ujar KSAD.

Sementara itu, di tempat terpisah juga dilaksanakan serah terima Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi dari Tari Besar Harto Karyawan kepada Wiwik Tri Soewandono. Serah terima tanggung jawab itu berlangsung di hadapan Pembina Persit KCK Pusat Diah Andika Perkasa.

Sekadar untuk diketahui, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan telah sembilan bulan memimpin Kodam III/Siliwangi. Penunjukkan Besar Harto sebagai Pangkostrad diketahui publik sejak 29 November 2018 lalu. Tak lama lagi pangkatnya naik menjadi Letnan Jenderal (Letjen) TNI.

Besar Harto Karya, pria kelahiran Lubuk Sikaping, Pasaman, Sumatera Barat 31 Mei 1963 ini merupakan Pangkostrad ke-40. Jabatan itu layak diemban Besar Harto karena sejak perwira pertama, dia telah menunjukkan prestasi.

Mayjen Besar Harto Karyawan merupakan abituren Akmil 1986 dari Kecabangan Infanteri. Setelah lulus Akmil, Besar Harto mengawali karier dinas kemiliteran di lingkungan baret hijau Kostrad.

Harto merupakan Perwira yang pawai dan berpengalaman dalam operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan rekam jejak prestasi gemilang.

Pada 1988, Pangkostrad saat itu Letjen TNI Wismoyo Arismunandar menetapkan Letda Inf Besar Harto Karyawan sebagai Komandan Peleton (Danton) terbaik Kostrad pada Apel Danton Terpusat Kostrad di Cilodong.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2120 seconds (0.1#10.140)