Bupati Kecewa Pengusaha Wisata Tak Gubris Undangan Disparbud

Senin, 10 Desember 2018 - 23:02 WIB
Bupati Kecewa Pengusaha Wisata Tak Gubris Undangan Disparbud
Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna saat melantik pengurus Fekraf KBB, Senin (10/12/2018). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna kecewa kepada para pengusaha wisata yang tak menggubris undangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB.

Banyak pengusaha wisata tak hadir dalam pelantikan dan pengukuhan Pengurus Forum Ekonomi Kreatif (Fekraf) Kabupaten Bandung Barat. Padahal Fekraf akan menjadi salah satu pendongkrak dunia usaha dan pariwisata di Bandung Barat.

"Di dunia usaha termasuk pariwisata wajib hukumnya terjalin sinergitas yang baik antara pengusaha dan pemerintah daerah. Kalau seperti ini gak tau deh ke depannya akan seperti apa. Saya sangat kecewa dengan banyak pengusaha pariwisata yang tidak hadir dalam kegiatan ini," kata Umbara, Senin (10/12/2018).

Dia mengemukakan, dari sekian banyak pengusaha yang diundang, hanya 50% yang hadir, sedangkan sisanya tidak hadir tanpa alasan. Seharusnya, jika memang mereka tidak dapat hadir, setidaknya dapat mendelagasikan staf.

Tetapi ternyata para pengusaha wisata tak menganggap penting acara ini. "Kami (pemda) akan hadir untuk pengusaha. Sebaliknya, pengusaha juga harus bisa hadir untuk kami. Karena cepat atau lambat, mereka (pengusaha wisata) pasti akan membutuhkan kami. Kalau tidak respek, mungkin ketika mereka mengundang kami (pemda) tidak akan ditanggapi," ujar Bupati.

Umbara menuturkan, Pemkab Bandung Barat tengah mengusahakan agar exit Tol Cikalongwetan segera terealiasi. Keberadaan exit tol ini akan menguntungkan para pengusaha di bidang pariwisata, perhotelan, dan restoran.

Tujuan exit Tol Cikalongwetan dibuka, tutur dia, agar wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan wisata KBB tidak perlu lagi keluar di Exit Tol Pasteur.

"Saya minta ada sinergitas semua pihak. Apalagi KBB khususnya Lembang menjadi destinasi wisata unggulan dan masuk ke dalam 10 besar kunjungan wisata terbaik di Indonesia," tutur Umbara.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0208 seconds (0.1#10.140)