Bhabinkamtibmas Diterjunkan Kawal Penggunaan Dana Desa di Karawang

Kamis, 02 Agustus 2018 - 10:05 WIB
Bhabinkamtibmas Diterjunkan Kawal Penggunaan Dana Desa di Karawang
Ilustrasi/SINDOnews
A A A
KARAWANG - Polres Karawang menerjunkan Bhabinkamtibmas di seluruh desa di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, untuk mengawal program pembangunan yang dilaksanakan pemerintahan desa dengan menggunakan bantuan dana desa. Pengawalan ini untuk memastikan dana desa digunakan secara maksimal dan mencegah terjadinya penyalahgunaan.

"Belajar dari sebelumnya, dana desa ini rawan untuk disalahgunakan, sehingga kami memandang perlu untuk melakukan langkah-langkah pencegahan. Untuk itu kami menerjunkan seluruh Bhabinkamtibmas di setiap desa untuk melakukan pendampingan bagi desa-desa penerima bantuan dana desa," ujar Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya, Kamis (2/8/2018).

Menurut Slamet, hadirnya Bhabinkamtibmas di setiap desa penerima bantuan dana desa untuk memastikan anggaran tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa. Selain untuk mencegah terjadinya penyelewengan anggaran dana desa, juga untuk menjaga situasi kamtibmas di desa.

"Setiap ada bantuan baik itu dana desa atau lainnya, berpotensi untuk menciptakan kerawanan kamtibmas. Jika sudah kami dampingi semua potensi itu bisa kita hilangkan," katanya.

Menurut Slamet, personel Bhabinkamtibmas yang diterjunkan untuk mengawal dana desa berjumlah hampir 250 orang yang bertugas di masing-masing desa. Dari 298 desa yang ada di Karawang tidak seluruhnya menerima dana desa. "Pendampingan hanya kita lakukan untuk desa yang menerima bantuan dana desa."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4604 seconds (0.1#10.140)