alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Komitmen Merevitalisasi SATAP dan Restrukturalisasi Birokrasi

Asep Supiandi
Bupati Komitmen Merevitalisasi SATAP dan Restrukturalisasi Birokrasi
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meninjau salah satu stand kegiatan bursa inovasi desa, beberapa waktu lalu. Dia berkomitmen untuk Merevitalisasi SATAP dan restrukturalisasi birokrasi. Foto/SINDOnews/Dok

PURWAKARTA - Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika - Aming, komitmen merevitalisasi Sekolah Satu Atap (SATAP), merestrukturalisasi birokrasi, dan anggaran.

Tujuannya, untuk meningkatkan sektor pelayanan publik, kesehatan, pariwisata, termasuk penguatan inovasi desa.

"Saya tegaskan, ini pembangunan berkelanjutan Purwakarta Istimewa cara Ambu Anne. Kami akan terus perkuat dari seluruh sektor, termasuk potensi di Purwakarta," kata Anne, Minggu (9/12/2018).



Di bagian lain, Wakil Bupati Aming, mengungkapkan, program pelayanan publik secara jemput bola atau biasa disebut gempungan terus digenjot sebagai salah satu cara dalam pemenuhan sejumlah kebutuhan masyarakat. "Jemput bola ke desa-desa seperti pembuatan KK gratis, KTP gratis, akta gratis," kata Aming.

Sejumlah program Pemkab Purwakarta yang akan datang sedang berjalan, salah satunya pembangunan infrastruktur, bahkan Dana Bagi Hasil (DBH) Desa.

Dia mengemukakan, Pemkab Purwakarta menyiapkan dana Rp22 miliar dalam program DBH tersebut yang diperuntukan bagi pembangunan infrastruktur di setiap Desa. Dengan adanya DBH diperkiraan desa mendapat kucuran dana berkisar Rp100 juta lebih per tahunnya.

"Salah satu penggunaan dana tersebut diperuntukan seperti renovasi rumah tidak layak huni, minimal 2 atau 3 unit per tahunnya. Yang jelas kebutuhan publik harus terpenuhi," ujar dia.

Bukan hanya itu, dana tersebut juga bisa diperuntukan untuk keperluan lain seperti honorer PKK, operasional posyandu dan ATK desa. "Bisa juga untuk pembangunan majlis taklim, musala, madrasah dan lain-lainnya," tutur Aming.



(awd)