Jabar Dinobatkan Sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif

Sabtu, 08 Desember 2018 - 18:03 WIB
Jabar Dinobatkan Sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima penghargaan Pemerintah Daerah Terinovatif dari Mendagri Tjahjo Kumolo, Jumat (7/12/2018) malam. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menobatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2018.

Penobatan tersebut ditandai dengan penyerahan penghargaan Pemerintah Daerah Terinovatif dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Malam Penghargaan Innovative Government Award 2018 di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jaya, Jakan Jenderal Sudirman Jakarta, Jumat (7/12/2018) malam.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Emil mengungkapkan, penghargaan tersebut menjadi bukti bahwa inovasi menjadi sebuah budaya yang hadir di Jabar.

"Alhamdulillah, Jawa Barat-nya terinovatif, (Kota) Bandung sebagai mantan saya (mantan Wali Kota Bandung) juga terinovatif," ungkap Emil dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Sabtu (8/12/2018).

"Jadi, dua-duanya membuktikan inovasi adalah sebuah budaya bagi kami di Jawa Barat dan di Bandung juga. Mudah-mudahan ini juga menjadi sebuah semangat dan kebanggaan," sambung Emil.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo menekankan, penghargaan ini diharapkan bisa merangsang 514 daerah kabupaten/kota dan 34 provinsi di Indonesia bahwa inovasi penting karena bisa memangkas biaya dan meningkatkan efisiensi.

Selain itu, inovasi juga bisa menjadi momentum kebangkitan bangsa dan meningkatkan daya saing Indonesia. Daya saing Indonesia kini berada di posisi ke-36 dari 137 negara.

"Inovasi salah satu model yang bisa diterapkan untuk mengejar ketertinggalan dalam konteks daya saing," ujar Mendagri.

Ada lima kategori dalam IGA 2018. Berikut pemerintah daerah penerima penghargaan:
Kategori Pemerintah Daerah Provinsi:
Peringkat 1. Provinsi Jawa Barat
Peringkat 2. Provinsi Jawa Timur
Peringkat 3. Provinsi Sumatera Barat

Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten:
Peringkat 1. Kabupaten Banyuwangi
Peringkat 2. Kabupaten Padang Pariaman
Peringkat 3. Kabupaten Banggai

Kategori Pemerintah Daerah Kota:
Peringkat 1. Kota Bandung
Peringkat 2. Kota Makasar
Peringkat 3. Kota Bogor

Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Tertinggal:
- Kabupaten Musi Rawas

Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten Perbatasan:
- Kabupaten Kepulauan Morotai.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9528 seconds (0.1#10.140)