alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bogor Diterjang Puting Beliung, Ini Data Kerusakan yang Dirilis Polda Jabar

Agus Warsudi
Bogor Diterjang Puting Beliung, Ini Data Kerusakan yang Dirilis Polda Jabar
Salah satu mobil yang tertimpa pohon setelah puting beliung menerjang Kota Bogor, Jawa Barat. Foto/Istimewa/Humas Polda Jabar

BANDUNG - Bencana puting beliung yang menerjang Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (6/12/2018) sore, menyebabkan sejumlah kerusakan dan menimbulkan korban jiwa.

Berdasar data resmi yang dirilis Polda Jabar, bencana angin ribut memorak-porandakan dua kecamatan Bogor Selatan dan Bogor Timur tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia, 20 pohon tumbang, lima kendaraan rusak berat, dan 848 rumah warga rusak berat dan ringan.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, di Kecamatan Bogor Selatan, puting beliung menyebabkan satu orang meninggal dunia atas nama Enny Reno (46), warga Cluster Bukit Nirwana I Jalan Bukit Nirwana Raya 1 RT 003/012, Kelurahan Mulyaharja. Korban Enny meninggal diakibatkan oleh pohon tumbang menimpa kendaraan yang dikendarai korban.

Selain itu, bencana angin puting beliung juga menyebabkan lima kendaraan rusak tertimpa pohon tumbang. "Antara lain, satu unit Toyota Avanza F 1618 EY warna silver, Daihatsu Ayla F 1577 RJ hitam,  angkot Trayek-14 nopol F 1909 AZ, angkot Trayek-02 nopol F 1932 AF, dan Daihatsu Zebra warna merah F 1371 CH," kata Truno, Jumat (7/12/2018).

Tak hanya itu, ujar Truno, di Bogor Selatan, angin puting beliung juga menyebabkan 20 pohon tumbang, yakni 10 pohon di Kelurahan Gintung, 7 pohon di Cipaku, dan 3 di Kelurahan Batu Tulis.

"Kemudian, puting beliung juga mengakibatkan 770 rumah di Bogor Selatan rusak berat, sedang, dan ringan. Perinciannya, 160 rumah di Kelurahan Batu Tulis, 300 di Kelurahan Pamoyanan, 225 rumah di Kelurahan Cipaku, dan 85  rumah di Kelurahan Lawang Gintung," ujarnya.

Sedangkan di Kecamatan Bogor Timur, tutur Truno, bencana puting beliung menyebabkan 78 rumah rusak berat, sedang, dan ringan. Sebanyak 44 unit rumah rusak di Kelurahan Baranangsiang dan 34 rumah di Kelurahan Sukasari.

Pascakejadian tersebut, langkah-langkah yang diambil oleh pihak kepolisian di wilayah hukum Kota Bogor antara lain, melakukan evakuasi korban meninggal dunia dan korban luka ke rumah sakit. Selain itu, melakukan rekayasa jalur lalu lintas, mendata rumah warga yang rusak akibat bencana tersebut, serta mengevakuasi kendaraan roda empat yang mengalami kerusakan karena tertimpa pohon tumbang.

"Petugas juga membersihkan pohon-pohon tumbang dan material bangunan yang menghalangi atau menutup Jalan. Mendirikan tenda peleton untuk tempat sementara bagi pengungsi korban yang rumahnya terkena bencana puting beliung," papar Truno.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif