alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Muatan Lebihi Kapasitas, Truk Terjaring Razia di Tol Palikanci

Toiskandar
Muatan Lebihi Kapasitas, Truk Terjaring Razia di Tol Palikanci
Jelang Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan dari Kepolisian dan Jasa Marga gencar merazia truk-truk besar di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (7/12/2018) siang. Foto/MNC Media/Toiskandar

CIREBON - Jelang Natal dan Tahun Baru, petugas gabungan dari Kepolisian dan Jasa Marga gencar merazia truk-truk besar di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (7/12/2018) siang. Puluhan truk ekspedisi yang kelebihan muatan dan dimensi kendaraan dilakukan penindakan dengan sanksi tilang dan diminta keluar di pintu tol terdekat.

Razia tersebut digelar di Rest Area 208 Tol Palimanan-Kanci, Kabupaten Cirebon. Truk-truk ekspedisi lintas provinsi ini dimasukkan ke dalam rest area untuk menjalani proses penimbangan beban muatan dan pengecekan dimensi truk.

Dalam razia yang digelar selama hampir tiga jam ini, petugas menemukan banyak kendaraan yang kelebihan muatan. Bahkan, beberapa kendaraan di antaranya melebihi muatan hingga sepuluh ton dari berat beban wajar.

Tak sedikit dari truk yang diperiksa secara mendadak ini mengalami kerusakan pada bagian ban, rangka, dan body yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan saat melakukan perjalanan.

Petugas Jasa Marga Tol Palikanci Agus Hartoyo mengatakan, dalam razia gabungan ini petugas memberikan sanksi tilang kepada 25 truk yang kedapatan membawa muatan berlebih. Truk-truk yang terjaring razia tersebut kemudian diminta untuk keluar di pintu tol terdekat dan memindahkan muatannya.

Selain untuk mencegah terjadinya kerusakan jalan, razia ini juga digelar untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan lambatnya perjalanan truk akibat kelebihan muatan.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif