Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ayam Potong di Cirebon Naik

Jum'at, 07 Desember 2018 - 09:34 WIB
Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ayam Potong di Cirebon Naik
Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru, harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, naik. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
CIREBON - Jelang Natal 2018 dan Tahun Baru, harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, naik. Di Pasar Ciledug, Cirebon, harga daging ayam potong saat ini dijual Rp34 ribu per kilogram, atau naik Rp4.000.

Sejumlah pedagang daging ayam potong mengeluhkan naiknya harga daging. Sebab, dagangan mereka hingga saat ini sepi pembeli dan mengalami penurunan omzet hingga 50 persen.

Tati, seorang pedagang daging ayam potong memprediksi kenaikan harga daging ayam potong ini terus terjadi hingga memasuki pergantian tahun.

Sebelumnya, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian melakukan survei mengenai peningkatan konsumsi bahan kebutuhan pokok pada hari besar keagamaan. Survei dilakukan di pasar tradisional dan modern di Indonesia selama satu tahun belakangan.

Kepala BKP Agung Hendriadi menjelaskan, pada saat Natal dan Tahun Baru sebenarnya tidak ada kenaikan signifikan untuk konsumsi bahan pangan pokok, kecuali untuk daging dan ayam.

"Jadi kita melakukan survei selama satu tahun ke pasar, berapa peningkatan penjualan mereka jelang hari besar keagamaan. Ada yang 20%, ada yang 10%. Pada Bulan Puasa, Idul Fitri, Idul Adha, Natal, dan Tahun Baru. Komoditasnya beras, kacang tanah, cabai rawit, cabai merah, bawang merah dan putih, telur dan minyak goreng," katanya di Gedung Kementan, Jakarta, Jumat (16/11/2018).

Agung melanjutkan, kenaikan konsumsi daging ayam pada Bulan Puasa sebesar 34%, dan Idul Fitri naik 111%. Idul Adha naik 19%, Natal naik 5%, dan Tahun Baru naik 21%.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1715 seconds (0.1#10.140)