alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bupati Jeje Optimistis KEK Dapat Membuat Pangandaran Semakin Hebat

Syamsul Ma'arif
Bupati Jeje Optimistis KEK Dapat Membuat Pangandaran Semakin Hebat
Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata saat hadir dalam Sosialisasi Pengembangan Kepariwisataan Kabupaten Pangandaran. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif

PANGANDARAN - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata optimistis, dengan ditetapkannya Kabupaten Pangandaran menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), daerah yang memiliki wisata pantai ini akan semakin hebat.

"Penetapan KEK dibarengi dengan penataan kawasan pantai bakal mendatangkan triliunan rupiah ke Pangandaran," kata Jeje, Kamis, (6/12/2018).

Jeje mengemukakan, untuk menunjang KEK Pangandaran, aksesibilitas, fasilitas, dan atraksi juga menjadi penting agar Pangandaran menjadi lebih dikenal ke berbagai daerah di Indonesia bahkan dunia.

Dengan begitu, ujar dia, KEK akan berdampak luar biasa terhadap perekonomian warga Pangandaran. "Akses jalan, penataan bandara, dan jalur kereta akan dibangun dengan dana di luar dana APBD," ujar dia.

Jeje menuturkan, ke depan dengan KEK, bakal terjadi penyerapan tenaga kerja besar-besaran dan menubah perekonomian masyarakat. "Rencananya penatapan Pangandaran menjadi KEK akan dilakukan pada bulan Maret 2019 mendatang," tutur Bupati.

Sementara untuk penataan kawasan pantai Barat dan Timur, lanjut Jeje, pihak Provinsi akan menggelontorkan dana hingga Rp80 miliar.

Diketahui, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan Kabupaten Kabupaten Pangandaran sudah menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK) pada Maret 2019.

Target tersebut diungkapkan Arief setelah dirinya bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata meninjau langsung lokasi calon KEK di Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Rabu (28/11/18).

"Saya ingin Maret 2019 KEK Pangandaran Raya harus sudah jadi," tegas Arief.

Menurut Arief, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh KEK adalah hadirnya one stop service (OSS) dalam proses perizinan. Sehingga, perizinan diproses lewat satu pintu. Arief meyakini, jika hal itu terwujud, investor akan berbondong-bondong menanamkan investasinya di KEK Pangandaran Raya.

Diketahui, KEK merupakan pusat pertumbuhan ekonomi baru dalam suatu kawasan. Pangandaran Raya dinilai paling siap untuk dijadikan KEK pertama di Jabar dengan kesiapan lahan seluas 196 hektare.

Tiga hal yang diperlukan untuk menunjang KEK Pangandaran Raya, yakni aksesibilitas seperti infrastruktur jalan dan bandara, fasilitas hotel dan destinasi wisata kelas dunia, serta fisibilitas berupa anggaran, sumber daya manusia (SDM), dan kebijakan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil kembali menyatakan, Pemprov Jabar bertekad menjadikan Jabar sebagai provinsi pariwisata terkemuka di Indonesia. Menurut dia, tekad tersebut akan terwujud jika didukung komitmen dan kemauan.

"Saya sudah memutuskan bahwa Jawa Barat akan jadi provinsi pariwisata karena ada potensinya. Kami sudah bersepakat memberikan political will," tegas Gubernur yang akrab disapa Emil itu. (BACA JUGA: Menpar Targetkan KEK Pangandaran Raya Terwujud Maret 2019)



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif