alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tingkatkan Hasil Pertanian, Program Upsus Pajale Digenjot

Asep Supiandi
Tingkatkan Hasil Pertanian, Program Upsus Pajale Digenjot
Anggota TNI dan para petani menanam padi organik di Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Purwakarta. Langkah ini dilakukan sebagai upaya menggenjot produksi pertanian Purwakarta. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi

PURWAKARTA - Dinas Pangan dan Pertanian Purwakarta genjot program Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) melalui Gerakan Tanam Padi MT 2018/2019 pada Kelompok Tani Siliwangi, Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Kamis (6/12/2018).

"Gerakan tanam padi ini dirangkaikan dengan pencanangan tanam pengembangan padi organik," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachlan Suherlan.

Agus mengemukakan, pada kegiatan ini petani yang tergabung dalam kelompok tani mendapatkan bantuan berupa bibit varietas inpari 32, pupuk kompos, pupuk organik cair yang bersumber anggaran pemerintah daerah Kabupaten Purwakarta.

"Dalam rangka mempercepat penanaman, maka dilakukan gerakan tanam padi yang dilaksanakan di Kelompok Tani Siliwangi, Desa Nagrak, Kecamatan Darangdan, yang melibatkan anggota kelompok tani sekitar 100 orang, adapun alokasi pengembangan padi organik di Poktan Siliwangi seluas 25 hektare," ujar Agus.

Kadis menuturkan, pelaksanaan kegiatan pengembangan padi organik ini merupakan upaya ektensifikasi dan intensifikasi yang dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan kualitas mutu hasil pertanian.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Siliwangi Desa Nagrak, Dadang mengapresiasi respons dan upaya Pemkab Purwakarta dalam peningkatan hasil pertanian padi, jagung dan kedelai. "Hal ini menjadikan para petani khususnya di Desa Nagrak, bisa lebih bersemangat dengan harapan hasil tanam yang maksimal," tutur dia.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif