alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tabrak Trotoar, Dua Jambret Nyaris Tewas Dipukuli Massa

Agus Warsudi
Tabrak Trotoar, Dua Jambret Nyaris Tewas Dipukuli Massa
Kapolsek Bandung Kulon Kompol Sudewo (kiri) menunjukkan MK dan MHA, tersangka penjambretan. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - MK (20) dan MHA (25), dua pengangguran, nyaris tewas dipukuli massa di Jalan Cijerah, Kelurahan Cijerah, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung.

Beruntung, MK dan MHA diselamatkan oleh anggota Polsek Bandung Kulon yang tengah patroli di sekitar lokasi kejadian.

Kedua pemuda pengangguran tersebut dipukuli massa lantaran tepergok menjambret telepon seluler (ponsel) milik seorang pelajar, Resa Andriyani.

Kini, MK, warga Jalan Pagarsih Barat IV RT 07/01, Kelurahan Sukahaji, Kecamatna Babakan Ciparay, dan MHA, warga Jalan Pagarish Barat, Gang Madrasah, RT 02/01, Kelurahan Babakan, Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, meringkuk di sel tahanan Polsek Bandung Kulon untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka. Kedua tersangka, dijerat Pasal 363 dan 365 KUHP.

Kapolsek Bandung Kulon Kompol Sudewo mengatakan, kasus penjambretan tersebut terjadi sekitar pukul 20.30 WIB. Saat itu, korban Resa berdiri di tepi jalan depan PT Samudra. Tiba-tiba dia didatangi pelaku MK dan MHA yang berboncengan sepeda motor.

"Tanpa basa basi, pelaku merampas ponsel di tangan korban. Akibatnya, korban terjatauh dan luka-luka lantaran berusaha mempertahankan ponselnya. Sontak korban berteriak jambret," kata Sudewo didampingi Kasubag Humas Polrestabes Bandung Kompol Santhi Rianawati di Mapolsek Bandung Kulon, Kamis (6/12/2018).

Teriakan korban, ujar Kapolsek, didengar oleh warga di sekitar lokasi kejadian. Mereka kemudian mengejar dua pelaku. Aksi kejar-kejaran antara warga dan jambret tersebut dilihat oleh anggota Polsek Bandung Kulon.

"Anggota pun ikut mengejar pelaku. Karena panik, pelaku yang mengendarai Honda Beat, menabrak trotoar. MK berhasil diringkus oleh warga. Sedangka MHA berhasil kabur. MK sempat dipukuli warga tapi kemudian diamankan oleh anggota ke Mapolsek Bandung Kulon," ujar Kapolsek.

Setelah itu, tutur Sudewo, anggota mengejar pelaku lain yang berhasil kabur yakni, MHA. Upaya tersebut membuahkan hasil. Satu jam setelah penangkapan MK, anggota berhasil meringkus MHA.

"Kedua pelaku mengaku baru tiga kali melakukan penjabretan. Daerah operasi MK dan MHA Cijerah, Sadang, dan Cihampelas. Mereka ini amatir. Meski pengakuannya seperti itu, kami akan kembangkan kasus ini untuk mengungkap kemungkinan mereka pernah menjambret di kawasan lain," tutur Sudewo.

Dalam beraksi, ungkap Kapolsek, MK dan MHA mengincar korban yang sedang berada di tepi jalan dan memegang ponsel. "Barang bukti yang kami amankan motor Honda Beat dan pisau roti milik pelaku, serta ponsel Xiaomi milik korban Resa," ungkap dia.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif