Jalan Penghubung Desa di Ciamis Tertimbun Material Longsor

Selasa, 04 Desember 2018 - 19:23 WIB
Jalan Penghubung Desa di Ciamis Tertimbun Material Longsor
Material longsor menutup jalan pengubung Desa Mekarmulya-Sidamulih. Foto ISTIMEWA
A A A
CIAMIS - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Ciamismenyebabkan tanah longsor di Dusun Karangcingkrang, Desa Mekarmulya, Kecamatan Pamarican, Selasa, (4/12/2018).

Material longsor itu menutup jalan penghubung Desa Mekarmulya dengan Sidamulih.

Anggota Tagana Ciamis Baehaki Efendi mengatakan, akibat jalan desa tertimbun material longsor, aktivitas warga dan anak sekolah di kedua desa tersebut terhambat.

"Jalur ini merupakan akses jalan satu-satunya yang dilintasi warga, atas kejadian ini warga kini kesulitan untuk beraktifitas," kata Baehaki.

Longsoran tersebut, ujar dia, kurang lebih sepanjang 15 meter dengan ketinggian 8 meter. "Warga dari Desa Mekarmulya yang akan ke Desa Sidamulih atau sebaliknya harus memutar jalan sejauh sekitar 15 kilometer," ujar dia.

Sekarang warga yang hendak lewat beraktifitas harus mengambil jalan alternatif memutar ke daerah Cinyawar atau ke Cikupa. "Rute jaraknya sangat jauh bahkan harus menambah ongkos dua kali lipat," tutur Baehaki.

Baehaki mengungkapkan, karena hujan masih mengguyur wilayah itu, kondisi longsor masih dibiarkan. "Butuh alat berat untuk membersihkan material longsor karena jika dilakukan dengan alat seadanya akan memakan waktu lama," ungkap dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0002 seconds (0.1#10.140)