PKB KBB 'Sisir Kampung' Bantu Guru Ngaji, Imam, dan Marbot Masjid

Jum'at, 15 Mei 2020 - 23:24 WIB
loading...
PKB KBB Sisir Kampung Bantu Guru Ngaji, Imam, dan Marbot Masjid
Ketua DPC PKB KBB Asep Dedi memaparkan program Sisir Kampung untuk membantu ustaz, guru ngaji, imam, dan marbot. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Pandemi Covid-19 telah berimbas ke berbagai sektor kehidupan seluruh laposan masyarakat termasuk guru ngaji, imam, dan khatib masjid, dan marbot di kampung-kampung.

Ironisnya mereka kerap luput dari perhatian pemerintah. Padahal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan imbauan beribadah di rumah, berimbas kepada ekonomi para pejuang agama tersebut.

Ketua DPC PKB KBB Asep Dedi mengatakan, selama ini para guru ngaji, imam dan khotib masjid, marbot serta ajengan kampung, sering luput dari perhatian pemerintah hingga tidak menerima bantuan.

"Karena itu, melalui program 'Sisir Kampung' Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membantu mereka, termasuk masyarakat kurang mampu yang memang belum sama sekali tersentuh bantuan dari pemerintah," tutur Ketua DPC PKB KBB Asep Dedi saat silaturahmi dengan media di Kantor DPC PKB KBB di Ngamprah, Jumat (15/5/2020).

Menurut Asep, berhentinya aktivitas ibadah dan kegiatan keagamaan di masjid karena banyak warga beribadah di rumah, sangat berdampak kepada operasional pengurus masjid. (BACA JUGA: Sekolah-Masjid Tutup Akibat Corona, Guru Ngaji dan Ustaz di Bandung Butuh Bantuan )

Apalagi masih banyak masjid yang mengandalkan pemasukan kas utamanya dari inflak kotak amal (kencleng). Sehingga menjadi tugas dan kewajiban DPC PKB KBB seperti yang diamanatkan Ketua Umum Partai Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami) untuk memperhatikan mereka.

Berdasarkan temuan di lapangan saat melakukan program 'Sisir Kampung' yang telah dilakukan di sekitar 10 kecamatan, pihaknya masih menemukan ada warga yang belum dapat bantuan. (BACA JUGA: Ngamuk saat Dijemput Paksa, Pasien Positif Corona Peluk Warga Supaya Tertular )

Oleh sebab itu ada lebih dari 800 sembako dari total 2.000 paket bantuan dari Gus Ami yang diserahkan Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun A Syamsurijal beberapa waktu lalu, langsung didistribusikan ke warga.

Ada juga bantuan yang diserahkan langsung melalui program PKB Delivery Service sebanyak lebih dari 1.200 sembako, dimana masyarakat pemohon cukup mengajukan melalui akun medsos DPC PKB Bandung Barat.

"Sekarang adalah masa-masa sulit bagi masyarakat yang hidup di tengah wabah, makanya kami tergerak untuk membantu. Termasuk juga meminta teman-teman di Fraksi PKB DPRD KBB untuk mendorong dan mengawasi bantuan pemerintah agar bantuan bisa terdistribusikan cepat serta tepat waktu," ujar Asep.

Asep menuturkan, DPC PKB KBB sejak masa pandemi Covid-19 muncul di bulan Maret hingga kini terus bergerak. Melalui Tim Tanggap Covid-19, kader terus melakukan upaya antisipasi pencegahan, penyebaran, dan penanggulangan virus mematikan ini.

Seperti melalui imbauan di medsos hingga langsung terjun ke masyarakat, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke area publik, masjid, sarana pendidikan, dan perkantoran. (BACA JUGA: Tukang Becak-Pemulung Semringah Dapat Bingkisan Sembako dari Komunitas MBW212 )

“Kami berusaha menjaga konsistensi gerakan kami di masyarakat. Meskipun nilainya tidak seberapa, semoga bantuan yang dibagikan PKB KBB bisa bermanfaat untuk masyarakat yang saat ini tengah kesulitan di tengah pandemi Covid-19," kata politisi muda ini.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)