Apindo Siap Bantu Relokasi Perusahaan di DAS Citarum

Rabu, 01 Agustus 2018 - 17:05 WIB
Apindo Siap Bantu Relokasi Perusahaan di DAS Citarum
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan menggelar pertemuan dengan para pemilik perusahaan di DAS Citarum, Rabu (1/8/2018). Foto/SINDONews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) siap membantu pemerintah merelokasi perusahaan-perusahaan di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum dalam upaya penanganan limbah industri yang telah mencemari Sungai Citarum.

Ketua Properti dan Kawasan Ekonomi Apindo Sanny Iskandar menyatakan, bantuan yang ditawarkan pihaknya yakni menyediakan lahan relokasi yang sesuai harapan pemerintah dan pengusaha.

"(Lahannya) Tidak usah terlalu canggih seperti di Bekasi atau Karawang, yang penting pengolahan limbahnya bisa terpadu," ujar Sanny dalam pertemuan antara Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan para pemilik perusahaan di DAS Citarum di Hotel Hilton Bandung, Jalan HOS Tjokroaminoto, Kota Bandung, Rabu (1/8/2018).

Menurut Sanny, pemusatan kawasan industri akan berdampak besar pada pengendalian kerusakan lingkungan. Sebab, sistem pembuangan limbah dapat lebih teratur dan tidak mencemari lingkungan karena limbah diolah melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal.

"Contoh di satu kawasan ada 400 perusahaan. Kemudian pembuangan limbahnya melalui saluran tertutup di sentral IPAL, sehingga buangan air limbahnya tidak langsung ke sungai," jelasnya.

Sanny menambahkan, pemerintah telah mewajibkan industri baru untuk menempatkan pabriknya di kawasan industri. Sementara, industri-industri yang sudah lama berdiri hingga kini belum direlokasi.

"Padahal, jika direlokasi, lingkungan akan terjaga dan biaya pengolahan limbah pun menjadi lebih murah," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6502 seconds (0.1#10.140)