alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ade Sugianto Resmi Jabat Bupati Tasikmalaya, Ini Pesan Ridwan Kamil

Agung Bakti Sarasa
Ade Sugianto Resmi Jabat Bupati Tasikmalaya, Ini Pesan Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan amanat seusai melantik Ade Sugianto sebagai Bupati Tasikmalaya. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Ade Sugianto sebagai Bupati Tasikmalaya menggantikan Uu Ruzhanul Ulum yang kini menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (312/2018) malam.

Ade Sugianto yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Tasikmalaya resmi menempati kursi orang nomor satu di Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.32-8489 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Bupati dan Pemberhentian Wakil Bupati Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat.

Dalam amanatnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil meminta Ade Sugianto melakukan reformasi birokrasi di tubuh Pemkab Tasikmalaya lewat tiga hal. Pertama, peningkatan integritas dalam bekerja dan menjalankan amanah berupa jabatan.



"Kuatkan fondasi jabatan untuk ibadah. Jangan gunakan (jabatan) untuk mencari nafkah di luar kepatutan," tegas Gubernur yang akrab disapa Emil itu.

Kedua, Emil meminta Ade selalu mengingatkan seluruh aparatur sipil (ASN) di Kabupaten Tasikmalaya bahwa tugas mereka adalah melayani masyarakat.

"Terakhir, peningkatan profesionalisme ASN. Saya minta Pak Bupati bikin list 50 ASN terbaik, nanti disekolahkan di Singapura, Amerika," papar Emil.

Emil pun mengingatkan Ade agar selalu menjaga hubungan baik dengan legislatif dalam menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Tasikmalaya. Emil tak ingin mendengar ada gejolak di antara eksekutif dan legislatif di Kota Santri itu.

"Ibarat suami istri yang sama-sama punya keinginan. Untuk itu, komunikasi yang dijalin harus baik agar tidak ada perselisihan," ujar Emil.

Tidak hanya itu, Ade pun diminta segera mencatat dan mengevaluasi program yang telah dilakukan Pemkab Tasikmalaya, khususnya di bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat serta membuat konsep pariwisata sebagai motor ekonomi.

"Harus jadi kabupaten terbaik dalam lima tahun ke depan. Kenapa? Karena mantan bupatinya (Uu Ruzhanul Ulum) sudah ada di Gedung Sate (menjadi Wakil Gubernur Jabar)," tandas Emil.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengaku bangga karena tampuk kepemimpinan di Kabupaten Tasikmalaya diteruskan oleh orang yang dikenalnya dengan baik. Uu yakin, Ade mampu menjalankan tugas dan menyelesaikan program yang telah ditetapkan dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).

"Saya bangga bahwa bupati diteruskan oleh orang dekat saya. Pernah berjuang membangun tasik, berdarah-darah dalam pilkada. Mencurahkan tenaga dan tenaga bareng-bareng. Sekalipun kami berbeda partai, kita punya ikatan emosional yang baik," tutur Uu.

Diketahui, selama dua periode, Ade Sugianto menjabat Wakil Bupati Tasikmalaya. Dia berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum pada periode 2011-2016. Di Pemilihan Bupati (Pilbup) Tasikmalaya 2016 lalu, keduanya kembali maju berpasangan dan menang.

Namun, di tengah perjalanan kepemimpinanya, Uu Ruzhanul Ulum harus mengundurkan diri karena maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar berpasangan dengan Ridwan Kamil.



(awd)