Milad ke-28 Daarut Tauhid, Emil Ingin Ulama-Umara Kompak

Minggu, 02 Desember 2018 - 21:07 WIB
Milad ke-28 Daarut Tauhid, Emil Ingin Ulama-Umara Kompak
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Aa Gym di acara Milad ke-28 Ponpes Daarut Tauhid, Minggu (2/12/2018). Foto-foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Milad ke-28 Pondok Pesantren (Ponpes) Daarut Tauhid (DT) Bandung pimpinan KH Abdullah Gymnastiar di Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Minggu (2/12/2018).

Dalam kegiatan yang mengusung tema "Terima Kasih Guruku" dan dihadiri sekitar 10.000 orang itu, Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengaku siap membangun komunikasi yang baik dengan Ponpes DT, khususnya dalam pengembangan program pembangunan bidang keumatan. "Kami ingin Jawa Barat yang Juara Lahir Batin. Juara fisik, infrastruktur, teknologi, juara juga akhlak manusianya,"kata Emil.

Sejumlah program keumatan yang sudah mulai digulirkan, kata Emil, di antaranya Satu Desa Satu Hafidz dan Kredit Mesra serta program keumatan lainnya. "Kami juga mengajak mitra untuk berperan aktif. Jadi kalau ulama, umaro, dan saudagar kompak, insya Allah rakyatnya selamat," ujar Emil.

Emil mencontohkan, program Satu Desa Satu Hafidz merupakan kerja sama antara Pemprov Jabar dengan Yayasan Daarut Tauhid dalam rangka penguatan karakter umat dengan mencetak generasi hafal Alquran yang tersebar di kabupaten/kota di Jabar.

Dalam program Satu Desa Satu Hafidz, terang Emil, santri-santri binaan Ponpes DT akan mengajarkan ilmu agama serta kemandirian ekonomi umat di Jabar. Adapun biaya pendidikannya dikerjasamakan dengan pihak lainnya.

Begitupun Kredit Mesra yang menjadi salah satu program Pemprov Jabar untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat Jabar dalam mengakses permodalan tanpa bunga dan agunan. Masyarakat tinggal datang ke masjid atau tempat ibadah lainnya untuk mendapatkan fasilitas pinjaman tersebut.

"Cuma saya titip ke DKM, tolong kalau misalkan ada warga pinjam uang Rp1 juta, maka tagihlah hafalan Alquran 1 juz, kalau Rp5 juta ya 5 juz, kalau Rp30 juta, ya mesti hafal Alquran," tandas Emil.

Milad ke-28 Daarut Tauhid, Emil Ingin Ulama-Umara Kompak


Sementara itu, pimpinan Ponpes DT Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) berharap, di usianya yang sudah 28 tahun, Ponpes DT menjadi inspirasi, khususnya dalam dunia dakwah dan pendidikan, dengan prinsip kekuatan kepemimpinan yang kokoh, jiwa kewiraushaa mandiri, dan ekologi atau berwawasan lingkungan hidup.

Aa Gym juga berharap para santri Ponpes DT terus membangun sinergitas dengan berbagai pihak demi kemajuan umat. "Yah seperti yang kita lihat, kami selalu ingin bersinergi," kata Aa Gym.

Milad ke-28 Daarut Tauhid, Emil Ingin Ulama-Umara Kompak
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0788 seconds (0.1#10.140)