alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

21-23 Desember, Ribuan Pecinta Land Rover Jelajahi Alam Gunung Pangrango

Arif Budianto
21-23 Desember, Ribuan Pecinta Land Rover Jelajahi Alam Gunung Pangrango
Panitia dan pendukung acara Camping Festival 2018 ILRU 4 foto bersama seusai konferensi pers. Foto/SINDOnews/Arif Budianto

BANDUNG - Ribuan pecinta Land Rover dari berbagai daerah di Indonesia dan dunia bakal berkumpul di kawasan wisata Cibodas, Gunung Pangrango, Sukabumi, pada pertengahan Desember 2018 mendatang.

Selain untuk menjelajahi alam sekitar gunung yang berada di dua wilayah Kabupaten Sukabumi dan Bogor itu, mereka bakal menggelar camping festival.

Ketua Pelaksana Camping Festival 2018 Ryco Arnaldo mengatakan, Indonesia Land Rover United (ILRU), rutin digelar dua tahun. Kali ini, event akan melibatkan sekitar 750 kendaraan Land Rover. Diperkirakan akan ada lebih dari 2.000 peserta yang terlibat dalam acara ini.



“Sampai sekarang sudah ada 500 mobil yang dipastikan bakal ikut pada acara ini. Saat ini, peserta terjauh dari Aceh. Beberapa teman dari Sumatera juga bawa mobil sendiri. Sementara beberapa peserta dari negara lain juga dipastikan hadir, seperti dari Prancis, Filipina, Malaysia, dan Singapura,” kata Ryco saat menggelar konferensi pers di Gerai Calibre, Jalan Wahid Hasyim, Kota Bandung.

Menurut dia, event ini adalah gathering atau wahana berkumpulnya para pemakai kendaraan Land Rover di Indonesia. Bahkan, bagi sebagian orang, acara ini disebut sebagai lebarannya para pecinta Land Rover di Indonesia. Di Indonesia, anggota pecinta Land Rover diperkirakan mencapai 5.000 orang.

Setiap tahun, ujar dia, animo para pecinta Land Rover untuk menjelajahi potensi alam Indonesia terus meningkat. Event di Yogyakarta pada 2012 lalu misalnya, terdapat sekitar 400 kendaraan Land Rover yang ikut.

Kemudian pada 2014 dengan tempat pelaksanaan di Bandung, hadir 660 kendaraan Land Rover. Terakhir, pada penyelenggaraan di Bali pada 2016, 400 mobil juga ikut meramaikan acara tersebut.

Menurut dia, ILRU 4 bakal digelar pada 21-23 Desember 2018. Semua kendaraan bakal menanjak ke kaki Gunung Pangrango dengan ketinggian 1.350 mdpl. Lokasi itu, kata dia, sangat cocok untuk kemping karena berada di ketinggian dan suhu udara pun cukup dingin.

“Tempat ini dipilih karena sangat sesuai dengan konsep acara yang akan kami usung yakni camping festival. Camping yang diakhiri banyak keluarga dan menjadi lifestyle masyarakat saat ini,” ujar dia.

Ryco menuturkan, ILRU 4 yang didukung Super Adventure, Calibre, dan lainnya itu, nanti akan diisi dengan berbagai acara. Seperti lelang, jual merchandise dan sparepart. Juga ada rover skill yang menonjolkan kemampuan driver dalam games games off road ala Land Rover.

Juga akan ada pameran kendaraan Land Rover unik, mulai dari series 1 sampai seri terakhir. Karena sebagaimana diketahui, jenis Land Rover yg beredar di Indonesia sangat banyak.

Bahkan banyak Land Rover langka ada di Indonesia. Seperti Defender Camel Trophy yang hanya ada 1 di Indonesia. Juga ada seri 1 yang sangat jarang dimiliki.

Perwakilan Super Adventure wilayah Bandung GP Bayu mengatakan, baru kali ini pihaknya mensupport dengan bekerja sama untuk menyukseskan acara ini. Acara ini, menurut dia, cukup unik karena melibatkan komunitas Land Rover skala lokal dan global.

“Acaranya pun dikemas cukup menarik di ketinggian kali Gunung Pangrango. Harapannya, acara ini berjalan lancar dan sesuai harapan. Ke depan kami juga berharap bisa terus support,” tutur Bayu.



(awd)