2.221 Mahasiswa UPI Gelar KKN di DAS Citarum

Rabu, 01 Agustus 2018 - 14:20 WIB
2.221 Mahasiswa UPI Gelar KKN di DAS Citarum
UPI memberangkatkan 2.221 mahasiswa untuk KKN di DAS Citarum dalam upaya penanggulangan sampah dan limbah Sungai Citarum. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Sebanyak 2.221 mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. UPI menjadi bagian dari 19 perguruan tinggi di Indonesia yang ikut melakukan pembersihan Sungai Citarum.

"Kami dari perguruan tinggi, khususnya UPI, akan saling bahu-membahu, membantu menyukseskan program Citarum Harum. Jumlah mahasiswa yang KKN di sekitar bantaran Citarum akan terus ditambah setiap tahunnya. Mereka akan melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat," kata Rektor UPI Asep Kadarohman, Rabu (1/8/2018).

Untuk program KKN tematik Citarum Harum ini, UPI akan meluncurkan model KKN Sabtu Minggu. Sehingga, program-program yang telah dilakukan secara intensif pada KKN model blok selama 40 hari akan terus terjaga dan terpelihara.

KKN tematik Citarum Harum, lanjut dia, merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018. Tujuannya, membantu dan menguatkan upaya penanggulangan dan pencegahan dalam mengatasi masalah limbah, sampah, dan pencemaran DAS Citarum.

Diketahui, kegiatan KKN tematik Citarum Harum diikuti oleh 19 perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa sekitar 3.000 orang. Ribuan mahasiswa itu disebar di 22 sektor di daerah hulu, tengah, dan hilir.

Mahasiswa yang terlibat di antaranya berasal dari IPB, ITB, Unpad, Univesitas Telkom, Unsil. Juga ada perwakilan dari 11 perguruan tinggi di lingkungan Lembaga Layanan Dikti wilayah III dan IV sebanyak 400 orang. Sedangkan mahasiswa dari luar Jawa Barat dan DKI yaitu dari UGM dan Unair.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9325 seconds (0.1#10.140)