Ridwan Kamil Ajak Semua Pihak Wujudkan KEK Pangandaran Raya

Rabu, 28 November 2018 - 20:38 WIB
Ridwan Kamil Ajak Semua Pihak Wujudkan KEK Pangandaran Raya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengajak semua pihak ikut serta menyukseskan Pangandaran sebagai KEK. Foto: Istimewa
A A A
PANGANDARAN - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua pihak terkait, terutama di Kabupaten Pangandaran, untuk mewujudkan target Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang akan menjadikan Pangandaran Raya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Gubernur yang akrab disapa Emil itu optimistis, penetapan Pangandaran Raya sebagai KEK akan memberikan multiplier effect luar biasa bagi masyarakat Pangandaran seiring masuknya para investor dan meningkatnya kunjungan wisatawan.

Bahkan, Emil yakin, dalam tiga tahun ke depan setelah penetapan Pangandaran Raya sebagai KEK, dampak positif tersebut dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dalam lima tahun ke depan, Pangandaran akan naik kelas menjadi destinasi wisata yang mendunia.

"Saya sih punya keyakinan, tahun ketiga kita bisa panen dari benih-benih yang ditanam hari ini. Jalur kereta beres, bandara baru, pelebaran jalan. Itulah rute menuju wisata kelas dunia," kata Emil dalam kegiatan Media Gathering yang digelar oleh Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar di Pantai Indah Timur Resort, Kabupaten Pangandaran, Rabu (26/11/18).

Ridwan Kamil Ajak Semua Pihak Wujudkan KEK Pangandaran Raya


Dalam kesempatan itu, Emil juga mengungkapkan kekecewaannya saat tahu Jabar tidak masuk dalam 10 "Bali Baru" yang ditetapkan pemerintah pusat. Padahal, Jabar memiliki potensi pariwisata yang cukup besar.

"Sebenernya saya sedih. Pas dilantik (menjadi Gubernur), keindahan Jabar tidak ada satu pun yang dihitung, makanya saya lobi sampai hari ini. Alhamdulillah Pak Menteri (Pariwisata) datang hari ini," ungkap Emil.

Emil menuturkan, dia tak patah arang dan terus melobi pemerintah agar melirik Jabar dalam pengembangan pariwisata nasional. Gayung bersambut, lobi yang yang dilakukannya mulai membuahkan hasil dengan rencana penetapan KEK terhadap dua objek wisata di Jabar.

Selain Pangandaran, kawasan Cikidang di Kabupaten Sukabumi juga akan dijadikan KEK. "Pangandaran harus menjadi yang terbaik. Bagaimana caranya? Semua harus ikut irama dan kita bagi-bagi tugas. Strategi kita adalah menggoalkan Pangandaran sebagai KEK Pertama di Jabar Maret 2019 nanti," ujar dia.

Emil menuturkan, potensi pariwisata sebagai keunggulan yang dimiliki Provinsi Jabar. Namun, dia mengakui, potensi tersebut belum tergali maksimal. Karenanya, dalam lima tahun ke depan, pihaknya bertekad membenahi sektor pariwisata, agar Jabar benar-benar menjadi provinsi pariwisata yang terkemuka.

Emil mengaku memiliki tiga strategi untuk mewujudkan mimpi besarnya di bidang pariwisata tersebut, di antaranya membagi pariwisata menjadi tiga tipe. Tipe pertama, menata destinasi yang sudah eksis. Kedua, membangun 27 destinasi baru di 27 kabupaten/kota, dan tipe terakhir menyiapkan kluster khusus untuk dijadikan KEK.

"Dalam lima tahun, satu daerah wajib satu destinasi baru, jadi ada 27 destinasi. Semua penunjang akan hidup, teater, homestay, restoran, multifliernya luar biasa. Jabar ibarat batu akik yang kurang dipoles, sehingga nanti akan lebih mencrang (mengkilat) dan bersinar," pungkas Emil.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang juga hadir dalam kegiatan Media Gathering itu mengatakan, untuk menjadikan Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia, tiga syarat harus dipenuhi, yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas (3A). "Kalau ingin menjadikan Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia, maka 3 A harus kelas dunia," kata Arief Yahya.

Arief mengemukakakan, atraksi meliputi destinasi wisata berupa wisata alam, budaya, dan buatan yang menarik. Sementara aksesibilitas, yaitu infrastruktur menuju kawasan wisata dan infrastruktur pendukung destinasi, seperti bandara kelas internasional.

"Terakhir amenitas, seperti fasilitas umum bintang lima mulai dari hotel, restoran, toko cinderamata, taman hingga kesehatan, dan lainnya," paparnya," ujar dia.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, rencana penetapan KEK Pangandaran Raya sebagai jalan tol menuju Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia sesuai visi Pemkab Pangandaran.

Jeje sangat bangga dengan rencana penetapan Pangandaran Raya sebagai KEK. Dia berjanji akan bekerja keras agar KEK Pangandaran Raya dan Pangandaran sebagai destinasi wisata yang mendunia benar-benar terwujud.

"Visi kami menjadikan Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia, ini tidak mudah. KEK bagi saya adalah jalan tol menuju Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia," tandas Jeje.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.2079 seconds (0.1#10.140)