Korban Tewas Akibat Longsor di Pondok Salam 4 Orang

Rabu, 28 November 2018 - 14:42 WIB
Korban Tewas Akibat Longsor di Pondok Salam 4 Orang
Jumlah korban tewas akibat bencana tanah longsor di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, pada Selasa malam, menjadi 4 orang. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Jumlah korban bencana tanah longsor di Kampung Krajan, Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, pada Selasa (27/11/2018) malam, menjadi empat orang.

Humas Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, bencana tanah longsor menerjang tiga rumah warga di Kampung Krajan RT 07/04 Desa Salam Jaya. Ketiga rumah itu dihuni oleh 13 jiwa. Namun, dari 13 orang, empat selamat dan sembilan lainnya tertimbun longsoran tanah.

"Setelah dilakukan pencarian dan evakuasi, empat orang dinyatakan meninggal. Sedangkan lima orang mengalami luka berat. Saat ini, seluruh korban tertimbun telah berhasil dievakuasi," kata Joshua saat dikonfirmasi, Rabu (28/11/2018).

Korban yang berhasil dievakuasi pada Selasa malam, ujar Joshua, adalah Ma Acem (87) dan Aki Bakri (90). Sedangkan dua korban meninggal yang ditemukan pada Rabu hari ini adalah Iwan (27) dan putrinya Intan (7).

Sementara itu, Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan, longsor terjadi karena curah hujan tinggi, sejak Selasa sore hingga malam. "Saat ini, sedang dilakukan pembersihan material longsoran," ujar Budi.

Diketahui, bencana tanah longsor yang menerjang tiga rumah di RT 7/04 Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta, pada Selasa (27/11/2018) malam, terjadi seusai hujan lebat mengguyur kawasan tersebut.
Akibatnya, areal persawahan yang berada di atas permukiman warga ambrol. Material longsor pun langsung meluncur ke bawah, atau ketiga rumah yang berada paling dekat dengan persawahan itu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3168 seconds (0.1#10.140)