Longsor Terjang Desa Salam Jaya, 2 Meninggal dan 2 Masih Terkubur

Selasa, 27 November 2018 - 23:25 WIB
Longsor Terjang Desa Salam Jaya, 2 Meninggal dan 2 Masih Terkubur
Sejumlah warga berkerumun melihat proses evakuasi yang dilakukan oleh petugas DPKPB Purwakarta di rumah warga yang diterjang longsor di Desa Salam Jaya, Purwakarta. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Longsor menerjang tiga rumah di RT 07/04 Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta, Selasa (27/11/2018). Akibatnya lima warga tertimbun longsoran tanah.

Hingga pukul 22.30 WIB, satu orang selamat, dua orang meninggal dunia dan dua korban lainnya masih terkubur.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun SINDOnews, hujan lebat yang mengguyur sejak sore hari membuat areal persawahan yang berada di atas permukiman warga ambrol. Material longsor pun langsung meluncur ke bawah, menerjang tiga rumah yang berada paling dekat dengan persawahan itu.

"Para warga memang sedang berada di rumah. Total ada 13 orang di tiga rumah itu. Saat kejadian, delapan orang berhasil menyelamatkan diri. Sementara lima lainnya terkubur," kata Kepala Desa Salam Jaya, Wahyu Paturahman kepada SINDOnews.

Dia mengemukakan, sesaat setelah kejadian, aparat desa, warga, dan tim pencarian dan penyelamatan atau search and rescue (SAR) dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta langsung melakukan upaya pencarian korban yang tertimbun material longsor.

Hasilnya tiga orang dapat dievakuasi. Ketiga korban itu, dua meninggal dunia atas nama Bakri dan Mak Acem. Sedangkan satu orang lag, yakni Yanti masih hidup meskipun kondisinya cukup kritis.

"Dua korban lagi, yakni suami Yanti atsa nama Iwan dan anaknya yang berusia tujuh tahun masih terkubur dan belum diketahui nasibnya," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1315 seconds (0.1#10.140)