Emil Bakal Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Peserta Didik

Senin, 26 November 2018 - 14:59 WIB
Emil Bakal Tingkatkan Kualitas Tenaga Pendidik dan Peserta Didik
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyiapkan program peningkatan kualitas guru dan peserta didik dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menaruh perhatian besar dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 yang kini tengah berjalan, khususnya dalam bidang pendidikan. Emil, sapaan akrab Gubernur, mengungkapkan rencana peningkatan kualitas peserta didik dan tenaga pendidik di Jabar, agar mampu menghadapi zaman serba digital itu.

Pada peserta didik, khususnya siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dirinya berencana menyempurnakan kurikulum SMK ke arah ekonomi digital. Sehingga, lulusan SMK di Jabar dapat berdaya saing di era digital saat ini.

"Kita ada perubahan kurikulum SMK, lebih kepada ekonomi digital," ungkap Emil seusai memimpin Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-73 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (26/11/2018).

Hal itu akan didukung dengan langkah kerja sama yang dibangun Pemprov Jabar dengan sejumlah industri ternama, agar lulusan SMK di Jabar bisa langsung bekerja. "Kita sedang membahas, nanti asetnya milik provinsi tapi kurikulumnya bisa disempurnakan oleh industri," ujarnya.

Sementara dalam hal peningkatan kualitas tenaga pendidik, Emil juga telah menyiapkan program bantuan rumah bagi para guru di Jabar, baik yang bersatus pegawai negeri sipil (PNS) maupun honorer.

"Dari dinas (pendidikan) anggaran 20 persen ini sudah sangat memadai. Kita ada rencana rumah buat guru-guru dalam bentuk rusun (rumah susun). Sedang kita siapkan bekerja sama dengan daerah-daerah," jelasnya.

Menurut Emil, alokasi anggaran rusun bagi para guru tersebut disiapkan dari program Dinas Pemukiman dan Perumahan (Diskimrum) Jabar. Emil menegaskan, program bantuan rumah tersebut sebagai salah satu langkah konkret untuk menyejahterakan para guru di Jabar.

"Karena bagaimanapun, tentu kita ingin punya rumah permanen," tandas Emil.

***
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyiapkan program peningkatan kualitas guru dan peserta didik dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2070 seconds (0.1#10.140)