Tanggul Jebol, Lima Rumah Warga Terancam Ambruk

Senin, 26 November 2018 - 13:45 WIB
Tanggul Jebol, Lima Rumah Warga Terancam Ambruk
Beberapa warga dibantu personel TNI dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) membersihkan material reruntuhan. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Lima rumah di bantaran Sungai Cidurian, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kaler, terancam ambruk lantaran kirmir atau tanggul penahan tanah di bibir sungai jebol. Kirmir tersebut jebol akibat tergerus air Sungai Cidurian yang meluap setelah hujan deras mengguyur Kota Bandung dan sekitarnya pada Minggu (25/11/2018) sore.

Lima rumah warga yang persis berada di sisi bantaran sungai mengalami kerusakan di bagian dapur. Bowo, salah seorang warga yang rumahnya rusak akibat tanggul jebol mengemukakan, kondisi tanggul telah terlihat retak sejak Kamis (23/11/2018), setelah air Sungai Cidurian meluap.

"Waktu hari Minggu, hujan lagi dan air kembali meluap sehingga merobohkan kirmir," kata Bowo ditemui di lokasi kejadian Senin (26/11/2018).

Untuk mengatisipasi hal serupa dan lebih buruk terjadi, lima kepala keluarga yang rumahnya terancam ambruk, mengungsi sementara ke rumah kerabat masing-masing.

Sementara itu, pantauan di lokasi kejadian, terlihat beberapa warga dibantu personel TNI dan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) membersihkan material reruntuhan.

Warga berharap Pemkot Bandung segera memperbaiki tanggul yang jebol tersebut. Mereka khawatir, rumah-rumah yang berada di bantaran sungai roboh jika air Sungai Cidurian kembali meluap.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1564 seconds (0.1#10.140)