Rektor Minta Lulusan Unla Jadi Pencipta Lapangan Kerja

Minggu, 25 November 2018 - 12:13 WIB
Rektor Minta Lulusan Unla Jadi Pencipta Lapangan Kerja
Rektor Unla Harry Anwar memasangkan selendang almamater kepada seorang wisudawan. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Rektor Universitas Langlangbuana (Unla) meminta lulusan Unla tak hanya menjadi pekerja, tetapi bisa menjadi entrepreneur yang bisa menciptakan lapangan kerja di daerahnya.

Rektor Unla Harry Anwar mengatakan, sebagai sarjana, para alumni cara berpikirnya harus berubah. Mereka harus menjadi agen perubahan dan memberi manfaat bagi daerahnya.

“Kami berharap para lulusan Unla jangan hanya menjadi tenaga kerja, tetapi mencari solusi dalam kehidupan sehari-hari. Karena tuntutan dan tantangan ke depan berat. Pada 2030 kita harus siap,” kata Harry seusai wisuda Universitas Langlangbuana Tahun Akademik 2018-2019 Gelombang I, Sabtu (25/11/2018).

Menurut dia, tantangan dunia kerja ke depan akan semakin berat. Jumlah pengangguran terus meningkat. Hingga kini, angka pengangguran di Jawa Barat telah mencapai 1,6 juta. Solusi untuk mengatasi tingginya angka pengangguran, kata dia, menciptakan wirausaha.

“Tapi kalau bisa berwirausaha dan baca potensi wilayah, insya Allah pulangnya ada. Misalnya di sektor pariwisata. Apalagi sekarang pemerintah lagi menggalakkan pendapatan devisa dari sektor ini,” ujar dia.

Harry mencontohkan, salah satu potensi curug di Bandung Barat. Potensi alam itu bisa digali dan dikembangkan agar memberi nilai ekonomi lebih besar bagi masyarakat sekitar.

“Itu yang kami dorong. Tidak berharap muluk-muluk, tetapi bisa menjadi entrepreneur yang mandiri. Bukan lulusan yang selalu berharap jadi ASN. Karena yang daftar puluhan ribu, yang lulus berapa,” tutur Harry.

Sebelumnya, ungkap Rektor, Unla juga terus menunjukan komitmennya membekali mahasiswa agar mereka memiliki kompetensi sesuai bidangnya. Kompetensi inilah yang diharapkan para lulusan menjadi wirausahawan atau pengusaha.

Pada wisuda kali ini, Unla meluluskan sekitar 651 mahasiswa dan mahasiswi. Terdiri atas mahasiswa lulusan S2, S1, dan D3 Kepolisian. Pada pidato di hadapan wisudawan, Rektor menekankan pentingnya karakter untuk menghadapi tantangan ke depan yang semakin berat.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2016 seconds (0.1#10.140)