Maulid Nabi, Momentum Teladani Kepemimpinan Rasulullah

Jum'at, 23 November 2018 - 22:28 WIB
Maulid Nabi, Momentum Teladani Kepemimpinan Rasulullah
Ribuan masyarakat Kota Cimahi memenuhi Masjid Agung Cimahi untuk mendengarkan tausiah Ustaz Adi Hidayat dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018, Jumat (23/11/2018) malam. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Ribuan masyarakat Kota Cimahi dan sekitarnya memadati Masjid Agung Kota Cimahi untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 yang digelar pada Jumat (23/11/2018) malam.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, Ketua MUI Cimahi Allan Nur Ridwan, Pj Sekda Kota Cimahi, Maria Fitriana, dan seluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkot Cimahi dengan menghadirkan penceramah Ustaz Adi Hidayat.

Acara diawali dengan salat Magrib dan Isya berjamaah. Animo masyarakat yang sangat tinggi untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, membuat sebagian jamaah harus salat di pelataran dan halaman masjid.

Seusai salat, Ustaz Adi Hidayat menyampaikan ceramahnya dengan mengambil tema 'Karakteristik Kepemimpinan Rasulullah'. Penceramah yang sempat diangkat menjadi Aminul Khutaba atau Ketua Dewan Khatib Jami Dakwah Islamiyyah Tripoli, Libya ini, menyebutkan kepemimpinan Rasulullah harus menjadi contoh para pemimpin saat ini.

Dua contoh dari karakteristik kepemimpinan Nabi Muhammad adalah, menjaga kedekatan dengan Allah SWT, bersikap adil, dan melaksanakan jabatan sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya.

"Nilai-nilai kepemimpinan Nabi Muhammad SAW patut diteladani, selalu berbuat baik kepada masyarakat, melaksanakan jabatan sesuai tupoksi, dan bersikap adil. Sebab pada dasrnya jabatan itu sementara, hanya titipan," kata Ustaz Adi.

Setelah tausiah selesai, Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, momen Maulid Nabi ini menjadi ajang intropeksi semua pihak termasuk dirinya yang kebetulan saat ini diberi amanah memimpin Kota Cimahi.

Semua teladan kepemimpinan Nabi Muhammad selayaknya dicontoh dan diterapkan dalam berbagai sendi kehidupan. Tujuannya agar semua tindakan dan perilaku ke depan jauh lebih baik.

"Ini menjadi momen istimewa bagi saya dalam intropeksi diri karena menjadi pemimpin tidak mudah. Semoga apa yang diamanatkan oleh masyarakat Kota Cimahi bisa saya jaga dengan baik," kata Ajay.

Sementara itu, Kabag Kesra Pemkot Cimahi Mardi Santoso mengemukakan, tema peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun ini memang fokus kepada syiar kepemimpinan Islam. Melalui kegiatan ini diharapkan semakin mempererat jalinan silaturahmi umat dan menguatkan keimanan warga Kota Cimahi.

"Alhamdulilah melalui kolaborasi pemerintah kota, DKM Masjid Agung, dan seluruh elemen lain, peringatan maulid yang dihadiri oleh lebih dari 5.000 warga ini berjalan dengan lancar," ujar Mardi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0066 seconds (0.1#10.140)