Atlet Karate Cilik Asal Majalengka Harumkan Nama Indonesia di Belgia

Kamis, 22 November 2018 - 11:29 WIB
Atlet Karate Cilik Asal Majalengka Harumkan Nama Indonesia di Belgia
Plt Bupati Majalengka Karna Sobahi saat menyambut Lala di Pendopo Majalengka. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Prestasi membanggakan ditorehkan oleh anak bangsa dari Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Lala Diah Pitaloka (13 tahun). Warga Desa Weragati, Kecamatan Palasah, Majalengka, tersebut sukses mengharumkan nama Indonesia setelah menjadi juara dalam Kejuaran Internasional Karate Belgia yang berlangsung dari 14 sampai 17 November 2018.

Dalam kejuaraan yang diikuti peserta dari sekitar 50 negara itu, Lala sukses mendapat medali setelah dalam babak final mengalahkan rekan senegaranya, Amaira. "Kejuaraan Internasional Karate Belgia. Final lawan dari Indonesia sendiri, Amaria dari Kaltim. Peserta kurang lebih (berasal dari) 50 negara," kata Lala, seusai penyambutan di Pendopo Majalengka, Kamis (22/11/2018).

Lala menjelaskan, dalam kejuaraan karate U-14 itu, sejatinya dia bermain untuk beberapa nomor. Namun, lantaran kalah postur tubuh, dia hanya bisa menoreh prestasi untuk satu nomor, yakni kelas Kata Perorangan.

"Hari pertama main di (kelas) Kumite. Karena Lala kalah tinggi ya, kalah badan, kalah jangkauan, tidak bisa menampilkan yang terbaik, tetapi Lala fokus di (kelas) Kata. Lala tunjukkan yang terbaik buat negara, Lala berjuang untuk negara, Alhamdulillah," beber dia berapi-api.

"Ini (dipersembahkan) untuk orang tua Lala, untuk para pelatih, Pemda, untuk negara juga," lanjut dia.

Prestasi yang diraih siswa SMPN 1 Palasah itu terbilang sangat istimewa. Sebab, sebelum mengikuti kejuaran itu, dia hanya berlatih dengan mengandalkan perlengkapan yang cenderung seadanya.

"Karena kami di daerah, latihan menggunakan track-track latihan yang sifatnya alami. Lala memang spesialis Kata," kata pelatih fisik yang juga orang tua Lala, Idi Sayidiman.
Atlet Karate Cilik Asal Majalengka Harumkan Nama Indonesia di Belgia

Atas prestasi yang diraih Lala tersebut, Pemerintah Kabupaten Majalengka telah menyiapkan bonus yang cukup menggiurkan. Selain berupa uang, beasiswa juga sudah disiapkan untuk jenjang pendidikan Lala.

"Kalau (bonus) Porda Rp40 juta, Lala mah Rp50 juta lah. UNMA (Universitas Majalengka) sudah siap beasiswa. Lala juga memiliki prestasi dalam bidang akademis. Silakan mau ke mana, kami kasih beasiswa, asal Lala tetap di Majalengka," kata Plt Bupati Majalengka Karna Sobahi.

Kejuaraan Internasional Karate Belgia bukan satu-satunya prestasi yang diraih Lala. Selama tahun 2018 ini, Lala setidaknya tercatat sudah mengikuti enam kejuaraan, yang keseluruhannya keluar sebagai juara. Atas prestasinya itu, Lala juga dipercaya menjadi penyulut api PON Jabar lalu.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7546 seconds (0.1#10.140)