Ini Sektor UMKM Yang Berpeluang Diminati Asing

Rabu, 21 November 2018 - 23:13 WIB
Ini Sektor UMKM Yang Berpeluang Diminati Asing
Pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Aldrin Herwani. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Aldrin Herwani mengatakan, munculnya kebijakan ekonomi jilid 16 memberi peluang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dilirik investor asing.

Menurut Aldrin, beberapa sektor yang berpeluang dilirik investor asing adalah yang berkaitan dengan ekonomi kreatif. Di antaranya, fesyen, kerajinan tangan (handicraft), kuliner, dan desain (grafis, visual, dan animasi).

“Sebenarnya investor luar sudah melirik UMKM kita. Cuman selama ini belum ada aturan pemerintah dan belum tahu arahnya kemana. Tapi setelah ada kebijakan ini, kelihatannya akan booming,” kata Aldrin, Rabu (21/11/2018).

Menurut Aldrin, di luar negeri banyak uang yang berencana bakal diinvestasikan. Tetapi mereka bingung kapital mau diinvestasikan kemana. Mereka mencari sektor yang menjanjikan namun aman. Apalagi kondisi ekonomi dunia masih labil.

Menurut Aldrin, selama ini investor baru berinvestasi di capital market dan capital modal skala besar. Sementara untuk skala kecil belum. Dibukanya peluang investor masuk ke UMKM diperkirakan bakal banyak diminati asing.

“Nah tinggal UMKM-nya. Siap enggak siap harus siap. Karena ini momen untuk mengembangkan UMKM. Tetapi pemerintah juga harus mendampingi, caranya bisa menggandeng siapapun agar pelaku usaha bisa bekerja sama dengan asing,” kata dia.

Selain itu, kata dia, para pelaku UMKM nantinya jangan hanya jadi pekerja. Tetapi mesti menjadi ownner. Sehingga keputusan menarik tenaga kerja dan konten lokal bisa dipertahankan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0364 seconds (0.1#10.140)