Pemkab Ciamis Dorong Pengembangan Kampung KB Mandiri Magot

Rabu, 21 November 2018 - 13:17 WIB
Pemkab Ciamis Dorong Pengembangan Kampung KB Mandiri Magot
Kepala Seksi Penyuluhan dan Penggerakan DP2KBP3A Kabupaten Ciamis Yoyo (ketiga dari kiri) saat meninjau budidaya maggot di Kampung KB Mandiri Magot. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
CIAMIS - Pemerintahan Kabupaten Ciamis akan mendorong pengembangan Kampung KB Mandiri Masyarakat Gotong Royong (Magot) di Dusun Pasir Peuteuy, Desa Pawindan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Penggerakan DP2KBP3A Kabupaten Ciamis Yoyo mengakui, dari 54 Kampung KB yang sudah terbentuk di Kabupaten Ciamis, Kampung KB Mandiri Magot merupakan Kampung KB yang sukses mewujudkan program-program pemberdayaan masyarakat.

"Apalagi, Kampung KB ini dibentuk secara mandiri atas dasar inisiatif dan partisipasi masyarakatnya," ungkap Yoyo saat berkunjung ke Kampung KB Mandiri Magot, belum lama ini.

Meski dibentuk mandiri dan tidak mengandalkan dana APBD, lanjut Yoyo, kesuksesan yang telah ditunjukkan Kampung KB Mandiri Magot membuat berbagai instansi pemerintah akhirnya hadir untuk memberikan dukungan.

Bahkan, tambah Yoyo, tidak sedikit pula instansi maupun perorangan dari luar Kabupaten Ciamis berdatangan untuk melakukan studi banding di Kampung KB Mandiri Magot.

"Alhamdulillah, dengan kesuksesannya, Kampung KB ini kini banyak dikunjungi tamu dari daerah lain," ujarnya.

Pihaknya pun berjanji mengupayakan dukungan dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) penunjang program Kampung KB bagi Kampung KB Mandiri Magot, agar semakin berkembang.

"Dari 54 Kampung KB di Ciamis, lima di antaranya dibentuk secara mandiri dan Kampung KB Mandiri Magot pionernya. Dibandingkan Kampung KB yang didukung dana APBD, Kampung KB Mandiri Magot ini justru lebih bagus dan dampak positifnya sudah dirasakan masyarakat," tandas Yoyo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5949 seconds (0.1#10.140)