Empat Pemuda Terjebak di Gua Batu Badak Tasikmalaya, Satu Tewas

Minggu, 18 November 2018 - 20:27 WIB
Empat Pemuda Terjebak di Gua Batu Badak Tasikmalaya, Satu Tewas
Kantor SAR Bandung melepas satu tim untuk memberikan pencarian dan pertolongan terhadap empat pemuda yang terjebak di Gua Batu Badak Cisarongge. Foto: ISTIMEWA
A A A
TASIKMALAYA - Empat pemuda, Ade Marjanudin (25), Deni Ramdani (21), Rodiaman (18), dan Aminudin (18), dikabarkan terjebak di gua Batu Badak Cisarongge, Desa Wakap, Kecamatan Bantarkalong, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (18/11/2018).

Saat ini, tim search and rescue (SAR) gabungan dari Kantor SAR Bandung, Polsek Bantarkalong, Polres Kabupaten Tasikmalaya, SatPol PP Tasikmalaya, dan Mapala Kajahar, tengah melakukan pencarian keempat korban.

Setelah melakukan pencarian selama hampir lima jam, akhirnya tiga korban ditemukan selamat dan telah dievakuasi ke lokasi lebih aman. Sedangkan satu pemuda ditemukan telah meninggal dunia.

Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi tentang orang hilang di Gua Batu Badak, Kabupaten Tasikmalaya sekitar pukul 14.30 WIB. Setelah menerima informasi, SAR Bandung melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan membentuk tim pencarian dan pertolongan.

"Informasi yang diperoleh, empat orang terjebak di dalam gua Batu Badak, Desa Wakap, Kecamatan Bantarkalong. Keempat korban dikabarkan terjebak antara pukul 11.18-13.30 WIB," kata Joshua.

Untuk memberikan bantuan pencarian dan pertolongan, ujar Joshua, Kantor SAR Bandung membentuk satu tim rescuer yang terdiri atas 10 personel. Selain itu, dibantu oleh satu tim personel Pos SAR Tasikmalaya.

"Dalam melakukan pertolongan dan evakuasi, tim rescue juga dibantu oleh komunitas Caving Tasikmalaya. Proses penyelamatan dan evakuasi cukup sulit karena jarak pandang minim, kondisi gua gelap dan sempit," ujar Joshua.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1755 seconds (0.1#10.140)