Ridwan Kamil Diminta Lirik Potensi Wisata Pantai Utara Karawang

Minggu, 18 November 2018 - 16:06 WIB
Ridwan Kamil Diminta Lirik Potensi Wisata Pantai Utara Karawang
Ketua DPD Partai Nasdem Jabar Saan Mustopa. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
KARAWANG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diminta membantu pembangunan di wilayah pesisir utara Karawang. Kondisi pantai utara Karawangsaat ini sangat memprihatinkan. Potensi pariwisata garis pantai sepanjang 47 kilometer itu belum tergali maksimal.

Padahal sumber daya alamnya sangat mendukung untuk mendongkrak sektor ekonomi masyarakat namun karena tidak didukung infrastruktur memadai, sehingga tidak bisa digali sampai saat ini.

"Saya sempat diskusikan soal pantai utara Karawang dengan Ridwan Kamil. Pada prinsipnya dia merespons positif ketika dijelaskan soal potensi wisata yang begitu besar namun tidak bisa digali maksimal. Pemerintah Provinsi Jabar sudah siap membantu membenahi wilayah pantai utara Karawang," kata Ketua DPW Nasdem Jabar Saan Mustopa, Minggu (18/1/2018).

Saan mengaku, sebagai putra Karawang sangat sedih melihat kondisi pantai utara Karawang yang terkesan dibiarkan. Padahal alamnya sangat mendukung untuk menjadi kawasan wisata. Namun infrastrukturnya saat ini tidak mendukung dijadikan sebagai daerah wisata.

"Ada potensi pantai, nelayan, tambak, lalu mangrovenya. Tetapi tidak terkelola dengan baik. Bahkan infrastruktur menuju wilayah pesisir utara ini masih kurang," ujar dia.

Saan menuturkan selain wisata alam di laut daerah pesisir Karawang juga memiliki potensi wisata sejarah dan religi seperti kawasan sejarah kemerdekaan Rengasdengklok atau Candi Jiwa.

"Candi Jiwa ini merupakan kompleks percandian terbesar di Jawa Barat. Bagaimana umat Budha dari seluruh Indonesia pergi ke sana. Lagi-lagi pembangunan konsep pariwisatanya masih sangat kurang," tutur Saan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9087 seconds (0.1#10.140)