alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wujudkan Pariwisata Jabar Mendunia, Emil Luncurkan Wonderfulwestjava dan Smartfishing

Agung Bakti Sarasa
Wujudkan Pariwisata Jabar Mendunia, Emil Luncurkan Wonderfulwestjava dan Smartfishing
Gubernur Jabar Ridwan Kamil meluncurkan Wonderfulwestjava.com dan Smartfishing.com sebagai upaya mewujudkan Jabar sebagai provinsi pariwisata yang mendunia. Foto: Istimewa

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil benar-benar menerapkan konsep digital untuk mewujudkan Jabar menjadi provinsi pariwisata yang mendunia.

Selain meluncurkan aplikasi marketplace jasa wisata Gurilaps, Gubernur yang akrab disapa Emil itu juga meluncurkan website informasi kepariwisataan yang dinamai Wonderfulwestjava.com yang merupakan inovasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar.

Wonderfulwestjava.com menghadirkan semua infomasi lengkap mengenai destinasi wisata di Bumi Parahyangan. Sehingga, wisatawan tak akan kebingungan mencari destinasi wisata keren, baru, dan kekinian di Jabar. Bahkan, melalui website ini, Emil pun mengajak masyarakat proaktif menyebarkan informasi yang belum diketahui publik.

"Kita ingin menjadikan Jawa Barat sebagai provinsi terbaik. Definisinya, kita tidak hanya akan menciptakan destinasi yang jumlahnya 25-an selama lima tahun ke depan, tapi kita juga meminta masyarakat proaktif meng-upload apa-apa yang kita tidak tahu ke website baru, namanya Wonderfulwestjava.com," kata Emil di area Gedung Sate Festival 2018 di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (17/11/2018).

"Jadi, warga Jawa Barat silakan meng-upload tempat atau kegiatan, nanti dikurasi oleh Dinas Pariwisata Jawa Barat. Kalau lolos, nanti masuk ke website itu," ujar Emil.

Selain Gurilaps dan Wonderfulwestjava.com, Emil juga meluncurkan website yang didedikasikan bagi mancing mania dan nelayan, yakni Smartfishing.com yang merupakan hasil inovasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar.

"Mulai minggu ini, kita juga menyebar aplikasi di HP Android buat nelayan-nelayan untuk mencari ikan dengan menggunakan teknologi satelit. Satelit ini punya daya scan, sehingga bisa melihat ikan lagi kumpul dimana," tutur Emil.

Wujudkan Pariwisata Jabar Mendunia, Emil Luncurkan Wonderfulwestjava dan Smartfishing

Emil berharap, melalui Smartfishing.com, para mancing mania atau nelayan bisa mendapatkan tanggapan ikan yang maksimal karena dapat mengetahui posisi ikan-ikan yang akan ditangkapnya.

"Harapannya kalau nelayan kita makin canggih, dia bisa pergi tanpa mengira-ngira harus mengambil ikan dimana, tapi dibantu oleh aplikasi yang namanya smartfishing," ungkap Emil.

Sebelumnya, Emil juga meluncurkan aplikasi wisata petualangan di Jabar yang dinamai Gurilaps yang merupakan inovasi salah satu BUMD milik Pemprov Jabar PT Jasa Pariwisata (Jaswita).

Gurilaps akan memudahkan wisatawan untuk menikmati berbagai destinasi wisata petualangan di berbagai daerah di Jabar. Lewat Gurilaps, wisatawan juga dapat dengan mudah memilih destinasi wisata yang dikemas dalam paket wisata.

Gurilaps mengajak wisatawan menjelajahi kekayaan alam Jabar. Gurilaps hadir sebagai "Gerbang Wisata Jawa Barat" yang siap membantu wisatawan untuk mengeksplorasi beragam destinasi wisata di Jabar, baik di gunung, rimba, laut, pantai, dan sungai yang keindahannya sudah terkenal seantero Indonesia, bahkan dunia yang dapat diunduh di ponsel berbasis android atau IOS.

Melalui berbagai inovasi tersebut, lanjut Emil, masyarakat diharapkan semakin mudah meraih kebahagiaan yang menjadi bagian dari pembangunan Jabar sebagai provinsi digital di Indonesia.

Pengembangan berbagai inovasi canggih ini juga menjadi bagian dari program kerja 100 hari Gubernur Jabar periode 2018-2023. "Inilah visi pariwisata digital yang digabung dalam konsep 100 hari kami," tandas Emil.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif