Pemkab Majalengka Lakukan Ini agar Kondisi Jalan Tetap Bagus

Jum'at, 16 November 2018 - 16:08 WIB
Pemkab Majalengka Lakukan Ini agar Kondisi Jalan Tetap Bagus
Pengendara melintas di salah satu jalan kabupaten di ruas Jatiwangi-Ligung yang mengalami kerusakan. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Sejumlah upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Majalengka untuk memastikan kondisi jalan tetap baik. Melakukan pemantauan setelah proses perbaikan adalah salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kondisi jalan.

Namun, hingga saat ini belum seluruh jalan milik kabupaten yang kondisinya bagus. Dari 900 kilometer jalan kabupaten, hanya 82,73 persen yang sudah masuk kategori bagus dan sedang (mantap).

Kabid Bina Marga Dinas Bina Marga dan Cipta Karya (BMCK) Kabupaten Majalengka Ruchyana mengatakan, ada beberapa faktor yang bisa memicu kerusakan jalan. Tonase yang berlebih, jelas dia, menjadi pemicu paling dominan dari kerusakan jalan tersebut.

"Kerusakan jalan yang paling dominan itu dipicu oleh beban, over muatan. Jalan kabupaten itu maksimal 5 ton. Kalau di atas itu, bisa mempercepat kerusakan jalan," kata dia kepada SINDOnews, Jumat (16/11/2018).

Selain tonase, jelas dia, musim hujan juga dinilai punya andil yang cukup besar dalam kerusakan jalan. Genangan air di jalan, bisa mempercepat usia dari jalan itu.

"Untuk mengantisipasi hal itu, saat ini, menjelang musim hujan kami minta UPTD untuk memperbaiki drainase, sehingga air tidak menggenang terlalu lama di jalan," papar dia.

Menurutnya, tekstur tanah juga bisa membuat usia jalan tidak lama. "Makanya, untuk jalan di daerah yang tanahnya lembek, kami memutuskan untuk beton, bukan hotmix. Sebagian besar ada di Majalengka bagian utara. Dari jumlah keseluruhan jalan kabupaten, 20 persen di antaranya dibeton," ujarnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7843 seconds (0.1#10.140)