Majalengka Siap Ekspor Mangga Gedong Gincu ke Jepang

Kamis, 15 November 2018 - 21:02 WIB
Majalengka Siap Ekspor Mangga Gedong Gincu ke Jepang
Plt Bupati Majalengka Karna Sobahi. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Pemkab Majalengka menyambut baik rencana Pemprov Jawa Barat mendorong ekspor komoditas mangga gedong gincu ke Jepang.

Pemkab Majalengka optimistis para petani mangga gedong gincu siap dan bisa memenuhi kebutuhan ekspor tersebut.

Pelaksana tugas (plt) Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan, keberadaan mangga Gedong Gincu yang merupakan salah satu komoditas unggulan Majalengka, sudah seharusnya mendapat perhatian untuk bisa menembus pasar sejumlah negara.

"Kita kan belum menggali maksimal komoditas unggulan kita. Kemarin yang ditampilkan waktu tatap muka para petani dengan Presiden di Tahura Juanda (Bandung), mengenai mangga gedong gincu. Harus ekspor itu. Harus kita utamakan, prioritaskan," kata Karna Sobahi di Majalengka, Kamis (15/11/2018).

Terkait kemampuan Kabupaten Majalengka untuk memenuhi kebutuhan ekaspor, Karna mengemukakan, hal itu sangat mungkin. Apalagi, baru-baru ini Presiden Joko Widodo telah memberikan sertifikat Kehutanan Sosial dengan durasi masa berlaku cukup lama, 30 tahun.

"Pak Presiden ini kan memberikan sertifikat kehutanan sosial. Artinya, masyarakat desa yang berbatasan dengan hutan, boleh menggarap lahan hutan itu. Izin itu akan dimanfaatkan untuk (pemenuhan kebutuhan) hortikultura. Salah satunya ya itu (mangga gedong gincu)," pungkas Karna.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8065 seconds (0.1#10.140)