Ribuan Ustazah se-Jabar Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Kamis, 15 November 2018 - 14:31 WIB
Ribuan Ustazah se-Jabar Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf
Ribuan ustazah se-Jabar yang tergabung dalam JKSN mendeklarasikan dukungannya untuk memenangkan Jokowi-Maruf di Pilpres 2019. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Sekitar 3.000 ustazah dan pimpinan majelis taklim se-Jawa Barat mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin (Jokowi-Ma'ruf) di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Mereka yang tergabung dalam Jaringan Kyai-Santri Nasional (JKSN) Jabar ini bertekad memenangkan pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 itu dalam kontestasi Pilpres 2019 dengan cara menyosialisasikan Jokowi-Ma'ruf kepada para jamaahnya.

"Kami berkomitmen mendukung penuh serta bekerja keras dalam rangka pemenangan Joko Widodo-Kiai Maruf Amin demi kemaslahatan bangsa dan negara," tegas Ketua JKSN Jabar Rd Ella Giri Komala dalam Deklarasi JKSN untuk Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di GOR C-Tra Arena, Jalan Cikutra, Kota Bandung, Kamis (15/11/2018).

Dukungan JKSN Jabar terhadap Jokowi-Ma'ruf didasari penilaiannya terhadap Jokowi yang dianggap berhasil dalam memimpin Indonesia selama hampir lima tahun terakhir. Menurutnya, Presiden ke-7 ini merupakan sosok pekerja keras yang jujur, merakyat, dan memiliki integritas pribadi yang baik.

"Jadi untuk melanjutkan pembangunan, diperlukan sosok kepemimpinan seperti Pak Jokowi, yang mau bekerja keras, bersih, dan mandiri," tegas Ella.

Sementara, Maruf Amin, lanjut Ella, dinilai berhasil dalam memimpin organisasi masyarakat Islam terbesar, sehingga berkontribusi signifikan dalam menjaga keutuhan dan persatuan bangsa.

"Memiliki visi keutamaan, yaitu kepemimpinan dan kebangsaan yang dapat menjamin tegaknya akhlakul karimah dalam kerangka Indonesia yang plural dan berbhinneka," katanya.

Ella menyebut, dukungan dari para ustazah ini murni keinginan masing-masing tanpa paksaan dan intervensi dari pihak mana pun.

"Tanpa unsur paksaan dan pengaruh atau intervensi dari pihak mana pun. Kami mendukung penuh pemenangan Joko Widodo Kiai Maruf Amin," tandasnya.
Ribuan Ustazah se-Jabar Deklarasi Dukung Jokowi-Ma'ruf

Di tempat yang sama, Dewan Penasihat JKSN Pusat Khofifah Indar Parawansa yakin, dukungan dari para ustazah se-Jabar ini akan berdampak signifikan terhadap raihan suara Joko Widodo-Maruf Amin di Jabar yang dikenal sebagai lumbung suara ini.

Gubernur Jawa Timur terpilih ini berpendapat, para pemuka agama ini memiliki jamaah yang banyak di masing-masing daerah, sehingga bisa mengonsolidasikan suara untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf.

"Mereka ini religius leader, perannya sangat signifikan. Mereka punya komunitas yang tiap hari ketemu, mereka influencer, punya majelis talim. Mudah-mudahan mereka yang hadir ini jadi bagian penguatan pemenangan Joko Widodo-Maruf Amin di Jawa Barat," paparnya.

Selain itu, Khofifah berharap, keterlibatan para pemuka agama kultural ini bisa memberi pendidikan politik kepada mereka yang berorientasi kepada utuhnya persatuan dan kesatuan bangsa. Menurutnya, selama ini para ustazah kurang tersentuh oleh perhelatan politik di Tanah Air.

"Mereka harus terkonfirmasi tentang dinamika politik, lalu harus bisa merekatkan umat," katanya seraya menyebut deklarasi seperti ini telah dan akan dilakukan di provinsi lainnya.

Bahkan, Khofifah pun menyebut, deklarasi dukungan JKSN dalam pemenangan Jokowi-Ma'ruf juga akan dilakukan di luar negeri. "Di luar negeri juga, seperti di Australia dan Taiwan," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0317 seconds (0.1#10.140)