Pemkab Bandung Barat Siapkan Tes Swab untuk 1.131 ODP dan OTG

Rabu, 13 Mei 2020 - 18:53 WIB
loading...
Pemkab Bandung Barat Siapkan Tes Swab untuk 1.131 ODP dan OTG
Ruang isolasi bagi OTG Corona yang disiapkan di Aula Masjid Ash-Shiddiq dengan kepasitas 27 tempat tidur. Foto: SINDOnews/Adi Haryanto B
A A A
BANDUNG BARAT - Dinas Kesehatan Bandung Barat menargetkan tes swab kepada 1.131 warga yang telah mendaftar melalui situs pikobar. jabarprov.go.id. Mereka akan mengikuti di RSUD Lembang, Cililin, Cikalongwetan, dan pelataran Masjid Ash-Shiddiq, Kompleks Pemkab Bandung Barat.

"Berdasarkan data dan target dari Provinsi Jawa Barat (Jabar) ada sebanyak 1.131 orang yang direncanakan mengikuti tes swab. Karena tempat terbatas, maka kami bagi ke empat lokasi yakni di RSUD Lembang, Cililin, Cikalongwetan, dan pelataran Masjid Ash-Shiddiq," tutur Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Bandung Barat Nanang Ismantoro, Rabu (12/5/2020).

Pembagian wilayah ini dilakukan untuk memudahkan warga. Seperti RSUD Lembang untuk warga di Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua. RSUD Cikalongwetan untuk warga Kecamatan Cikalongwetan, Cipeundeuy, dan Cipatat.

RSUD Cililin untuk menangani warga di Kecamatan Cililin, Cihampelas, Sindangkerta, Cipongkor, Rongga dan Gununghalu. Sementara Masjid As-Shidiq untuk warga di Kecamatan Ngamprah, Padalarang dan Batujajar.

"Bagi yang hasil swab testnya positif akan dirawat di ketiga RSUD yang menjadi rumah sakit rujukan tersebut," ucapnya.

(Baca: 6 Laboratorium di Jabar Siap Dukung Pemeriksaan Swab Test Massal)

Kepala Labkesda, KBB, dr Maisara S.R. Hanif yang bertugas di Masjid Ash-Shiddiq menyebutkan, target tes swab ini adalah orang yang ODP, OTG, alim ulama, masyarakat pasar, tokoh masyarakat, dan tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit dan puskesmas.

Tes swab telah dilaksanakan sejak Selasa (11/5/2020) dan ditargetkan berakhir pada Jumat (15/5/2020). Hasilnya akan diketahui seminggu kemudian.

"Untuk di Masjid Ash-Shiddiq ini kami dijadwalkan melakukan tes swab kepada 280 warga yang sudah terdaftar di situs Pikobar Jabar," sebutnya.

(Baca: Pemkot Bandung Prioritaskan ODP dan PDP Jalani Swab Test)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.9143 seconds (0.1#10.140)