2 Hari Terombang Ambing Gelombang, Kapal Aqua Mas 05 Ditemukan

Senin, 12 November 2018 - 19:12 WIB
2 Hari Terombang Ambing Gelombang, Kapal Aqua Mas 05 Ditemukan
Kapal dan ABK Aqua Mas 05 ditemukan selamat di tengah laut. Foto bawah: Dua ABK Aqua Mas 05 yang dievakuasi ke darat. Foto/Tim Kantor SAR Bandung
A A A
CIANJUR - Tim Search and Rescue (SAR) gabungan berhasil menemukan kapal Aqua Mas 05 yang selama dua hari terombang ambing gelombang laut di perairan Cidaun, Cianjur sekitar pukul 14.30 WIB.

Humas Kantor SAR Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, saat ditemukan kapal tengah laut di atas kawasan perairan Cidolog Rambay, Cianjur berjarak sekitar 8,08 mil dari garis pantai.

Kapal dalam keadaan berhenti karena baling-baling dan mesin rusak. Jadi kapal itu hanya mengandalkan angin, gelombang, dan arus permukaan untuk bergerak.

Saat upaya penyelamatan dilakukan, prakiraan gelombang, angin, dan arus permukaan di sekitar perairan selatan Sukabumi pada Senin 12 November 2018, ujar Joshua, tinggi gelombang 1,5-2,5 meter, angin bertiup dari Tenggara, dengan kecepatan rata-rata 8-18 knot, dan arus permukaan ke Barat Laut.

"Tetapi nakhoda gak mau dievakuasi dengan alasan menunggu kapal temannya yang datang menjemput. Kami tidak mau mengambil risiko karena kondisi cuaca di lokasi cukup ekstrem. Karena tidak mau dievakuasi ke darat, kami minta mereka membuat surat pernyataan," kata Joshua kepada SINDOnews, Senin (12/11/2018).

Kondisi anak buah kapal termasuk nakhoda, ujar dia, selamat dan sehat meskipun mereka selama dua hari tidak makan karena kehabisan logistik. Karena itu, Tim SAR gabungan yang terdiri atas Kantor SAR Bandung, Pos SAR Sukabumi, Pos Angkatan Laut (AL), Polairud, dan himpunan nelayan, memberikan logistik berupa makanan instan dan air minum untuk nakhoda dan satu anak buah kapal yang bertahan.

Sedangkan dua ABK bersedia dibawa ke darat. Keduanya sudah di periksa di puskesmas dan dinyatakan sehat. Selanjutnya dua ABK diserahkan ke Polsek Cidaun untuk penanganan lebih lanjut. "Selain rusak mesin, juga kehabisan logistik. Kapal Aqua Mas 05 juga tak dilengkapi alat apung," ujar dia.

Ditanya tentang muatan kapal, Joshua mengaku tim SAR tidak tahu. Sebab tim SAR tak memiliki kewenangan untuk memeriksa muatan kapal. "Kami tidak tau gimana dan apa muatan kapal sehingga nakhoda tidak mau dibawa ke darat. Itu (memeriksa muatan) bukan kewenangan kami. Maka kami koordinasi dengan polsek dan Polairud Polda Jabar untuk memeriksa muatannya," tutur Joshua.

Diketahui, Kapal Motor (KM) Aqua Mas 05 hilang kontak di perairan Cidaun, Kabupaten Cianjur sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (11/11/2018). Empat anak buah kapal (ABK), satu nakhoda dan 3 kru, dikabarkan belum ditemukan. Identitas nakhoda dan kru kapal, antara lain, Irfan, Aep, Akbar dan Ake.

Aqua Mas 05 berangkat dari Pelabuhan Perikanan Nusantara Rumpong pada 24 Oktober 2018. Kapal tersebut dijadwalkan tiba di Pelabuhan Prigi, Trenggalek, Jawa Timur pada 4 Nov 2018. Namun, kapal mengalami masalah pada baling-baling dan terbawa arus. (BACA JUGA: Kapal Aqua Mas 05 Hilang Kontak di Perairan Cidaun )

2 Hari Terombang Ambing Gelombang, Kapal Aqua Mas 05 Ditemukan
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7005 seconds (0.1#10.140)