Menpora Ajak Mahasiswa Maksimalkan Sport Tourism di Daerah

Senin, 12 November 2018 - 13:35 WIB
Menpora Ajak Mahasiswa Maksimalkan Sport Tourism di Daerah
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat memberikan kuliah umum di Unpad Training Center Unpad, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Senin (12/11/2018). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengajak mahasiswa ikut mendorong tumbuhnya sport tourism di daerah, terutama kawasan yang memiliki potensi pariwisata.

Menurut dia, Indonesia termasuk kawasan yang memiliki banyak potensi pariwisata. Namun belum semua kawasan bisa terekspose dengan baik. Dia mengusulkan, kalangan muda seperti mahasiswa bisa ikut terlibat memajukan daerahnya.

"Dorongan yang bisa dilakukan, bagaimana pemuda bisa angkat wisata di sana. Misalnya sport tourism. Karena kalau tidak ada dukungan yang memadai, potensi di sana tidak akan tereksplorasi," kata Imam pada kuliah umum di Unpad Training Center Unpad, Jalan Ir Djuanda, Kota Bandung, Senin (12/11/2018).

Diketahui, negara kepulauan di Indonesia menciptakan banyak sekali area sport tourism. Mulai dari pantai, pegunungan, dan tebing. Area tersebut bisa memberi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Menurut dia, sport tourism tak hanya memberi dampak bagi pariwisata, tetapi juga berpengaruh terhadap industri kreatif dan ekonomi kawasan. Banyak perajin yang dipastikan akan mendapatkan manfaat ekonomi bila sport tourism berjalan. Belum lagi penjualan produk daerah.

Selain sport tourism, kata dia, pemuda juga bisa memaksimalkan potensi komunikasi. "Kita juga harus mengikuti perkembangan IT. Tidak bisa ditolak. Kuncinya bagaimana kita memanfaatkan itu sebaik mungkin," kata dia.

Pemerintah, kata dia, juga terus melakukan inovasi agar memberi manfaat besar bagi masyarakat. Pemerintah tidak ingin hanya menggelar kegiatan dan selesai dalam bentuk laporan, tetapi bagaimana memberi dampak berkelanjutan dari acara tersebut.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6675 seconds (0.1#10.140)