Moeldoko: Lahan Produktif Berkurang Setiap Tahun

Minggu, 11 November 2018 - 18:47 WIB
Moeldoko: Lahan Produktif Berkurang Setiap Tahun
Ketua HKTI Moeldoko mengaatakan tanah produktif di Indonesia semakin berkurang. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Bidang pertanian di Indonesia saat ini dinilai cukup memprihatinkan. Hal itu seiring dengan semakin berkurangnya lahan produktif yang terjadi setiap tahun.

Fakta itu disampaikan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Moeldoko saat menghadiri gelaran Rampak Genteng di Jatiwangi Square, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Minggu (11/11/2018)..

Moeldoko mengemukakan, berdasarkan data, tanah produktif di Tanah Air berkurang ratusan ribu hektare per tahun. Pengelolaan lahan yang tidak ideal, seperti penggunaan pestisida, menjadi salah satu pemicu dari tingginya angka penurunan lahan produktif itu.

"Bahwa saat ini dari waktu ke waktu tanah telah mengalami penurunan jumlah dan kualitas. Rata-rata dalam satu tahun tanah produktif kita berkurang 120.000 hektare," kata Ketua HKTI Moeldoko.

Terkait persoalan itu, ujar dia, penggunaan teknologi dan mengubah pengelolaan bidang pertanian dengan cara modern mutlak harus dilakukan.

"Untuk itu, tidak ada cara lain, intensifikasi pertanian dengam cara-cara modern dan teknologi tinggi harus dikembangkan terus menerus agar kecukupan pangan kita (Indonesia) terjaga dengan baik," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1599 seconds (0.1#10.140)