Rampak Genteng Jatiwangi Bergemuruh, Kepala Staf Kepresidenan Terkesima

Minggu, 11 November 2018 - 18:34 WIB
Rampak Genteng Jatiwangi Bergemuruh, Kepala Staf Kepresidenan Terkesima
RIbuan peserta Rampak Genteng tampak penuh semangat mengikuti aba-aba menabuh genteng agar mengeluarkan suara harmoni musik. Foto/SINDOnews/Inin Nastain
A A A
BANDUNG - Suasana di sekitar Jatiwangi Square atau bekas Pabrik Gula (PG) Jatiwangi tempat digelarnya Rampak Genteng pada Minggu (11/11/2018) sore bergemuruh.

Di bawah guyuran hujan yang mulai membasahi kawasan Jatiwangi, suara dentingan genteng terdengar saling bersahutan. Para peserta seakan-seakan tak peduli dengan langit yang semakin gelap.

Bahkan, ketika hujan mulai turun, alih-alih meninggalkan lokasi, ribuan peserta yang sebagian besar anak-anak justru kegirangan. Mereka meneriakkan kata-kata, 'Huhujanan, huhujanan' dan tak tetap di tempatnya masing-masing. Suasana itu kontan membuat Rampak Genteng semakin meriah.

Acara dibuka dengan lagu Indonesia Raya, yang dilanjutkan dengan lagu Mars Jatiwangi sekitar pukul 14.30 WIB. Setelah dibuka dengan dua buah lagu, acara dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Jatiwangi dan Wasiat Jatiwangi, yang masing-masing dibawakan Camat Jatiwangi Maman Komarudin dan Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari.

Pemandangan tersebut membuat Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko terkesima. Hadir dengan menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo, Moeldoko mengaku sangat salut dengan aksi ribuan warga dari berbagai latar belakang yang memainkan genteng dengan penuh harmonis.

"Saya menaruh rasa hormat kepada rekan-rekan yang telah mengubah tanah menjadi sebuah bebunyian, bahkan musik yang sangat indah," kata Moeldoko dalak sambutannya.

Sementara, aksi menabuh Gentang secara serempak itu berlangsung sekitar 30 menit. Dengan dipandu oleh para seniman dari Hanyatera, mereka tampak penuh semangat mengikuti dirijent yang ada di depan setiap kelompok.

Rampak Genteng Jatiwangi Bergemuruh, Kepala Staf Kepresidenan Terkesima
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1326 seconds (0.1#10.140)