Hari Ini 67 Desa di Karawang Gelar Pilkades Serentak

Minggu, 11 November 2018 - 11:17 WIB
Hari Ini 67 Desa di Karawang Gelar Pilkades Serentak
Bupati Karawang Cellica Nurachadiana memberikan sambuatan dan arahan kepada masyarakat di Desa Klari, Kecamatan Klari saat akan dimulai pencoblosan pilkades serentak. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Hari ini, Minggu (11/11/2018), sebanyak 67 desa yang tersebar di 25 kecamatan, Kabupaten Karawang melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) serentak.

Sebanyak 600 personel Polres Karawang ditambah 2 SSK Brimob Polda Jawa Barat dikerahkan ke desa-desa yang menggelar pilkades serentak tersebut. Mereka menjaga agar pemilu masyarakat desa itu berlangsung aman, lancar, dan kondusif.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya meminta masyarakat agar tidak mudah diprovokasi oleh pihak tak bertanggung jawab untuk membuat kekacauan di desa masing-masing.

"Hari ini penyelenggaraan Pilkades serentak dimulai. Masyarakat silakan menyalurkan hak pilih sesuai pilihannyanya. Siapapun pemenangnya setelah proses pemilihan selesai harus diterima dengan baik," kata Slamet.

Jika ada ketidakpuasan dalam proses pemilihan, ujar Kapolres, silakan salurkan sesuai aturan. Jika melakukan main hakim sendiri, apalagi sampai mengganggu ketertiban umum, Polres Karawang tak segan melakukan tindakan tegas.

Menjelang pencoblosan, situasi di desa yang melaksanakan pilkades cukup mencekam. Sebab, setiap pintu masuk gang sudah dijaga oleh puluhan pemuda. Bahkan warga yang bukan penduduk desa diawasi ketat oleh para pemuda dari para pendukung calon kepala desa.

"Situasi menjelang pencoblosan lumayan tegang sejak malam kemarin hingga pagi ini. Namun anggota kami sudah diterjunkan untuk mengantisipasi potensi konflik di setiap desa. Sejauh ini situasi kamtibmas aman dan terkendali, tapi kami terus melakukan monitoring di setiap desa," ujar Slamet.

Sementara itu Bupati Karawang Cellica Nurachadiana optimistis penyelenggaraan pilkades serentak kali ini berlangsung tertib dan aman. Dia mengimbau kepada seluruh pendukung calon kepala desa untuk tidak terpancing dengan oknum yang ingin membuat kekacauan.

"Sebelumnya kami sudah pernah menyelenggarakan pilkades serentak yang jumlahnya lebih dari sekarang dan berlangsung aman. Untuk kali ini juga saya optimistis semuanya berlangsung aman," tandas Cellica di tempat sama.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2791 seconds (0.1#10.140)