Bawaslu Jabar Kampanyekan Pemilu Bersih dan Berintegritas di CFD Dago

Minggu, 11 November 2018 - 10:47 WIB
Bawaslu Jabar Kampanyekan Pemilu Bersih dan Berintegritas di CFD Dago
Ketua Bawaslu Jabar Abdullah (kanan) dan Ketua KPU Jabar Rifki Ali Mubarok (kiri) berkomitmen mewujudkan Pemilu 2019 bersih dan berintegritas. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar menggelar Sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) Bersih dan Berintegritas di area Car Free Day (CFD) Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (11/11/2018).

Dalam kegiatan itu, Bawaslu Jabar mengajak stakeholder Pemilu 2019, termasuk seluruh masyarakat Jabar untuk menghadirkan kompetisi jujur dan adil pada Pemilu 2019 mendatang.

Kegiatan itu dihadiri seluruh stakeholder Pemilu 2019, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), pemerintah daerah, Polda Jabar, Kodam III/Siliwangi, kejaksaan, peserta pemilu, dan masyarakat yang memadati area CFD Dago.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin menghadirkan Pemilu 2019 bersih dari praktik money politics, kampanye hitam, kampanye hoaks, dan kampanye yang terbebas dari nuansa kebencian," kata Ketua Bawaslu Jabar Abdullah di sela-sela kegiatan.

"Kami juga berharap ada dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama berkomitmen menjaga kualitas pemilu bersih dan berkualitas," ujar dia.

Abdullah menuturkan, kampanye Pemilu 2019 bersih dan berkualitas tersebut menjadi salah satu upaya untuk mencegah berbagai pelanggaran yang berpotensi terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2019.

Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu, Jabar menjadi salah satu provinsi yang masuk kategori rawan sedang. "Kami berkomitmen melakukan langkah-langkah pencegahan, agar indikator kerawanan tadi bisa kita atasi dengan mengajak seluruh elemen pemilu, termasuk masyarakat untuk menghadirkan kompetisi pemilu dengan cara-cara bersih, jujur, dan adil," tutur Abdullah.

Bawaslu Jabar juga berharap, ungkap dia, Pemilu 2019 tidak memicu perpecahan di masyarakat. Sebaliknya, harus hadir semangat kebersamaan dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yang merupakan hajat politik seluruh masyarakat Indonesia.

"Jadikanlah Pemilu 2019 sebagai pemilu bermartabat, terbebas dari isu SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) dan berbagai pelanggaran lainnya. Kita adalah satu bangsa NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), pemilu adalah hajatan bersama, sehingga penting untuk menghadirkan semangat kebersamaan tadi," ungkap Abdullah.

Sebagai wujud komitmen menghadirkan Pemilu 2019 bersih dan berintegritas, tandas Abdullah, seluruh stakeholder Pemilu 2019 dan masyarakat juga melakukan deklarasi dalam kegiatan tersebut.

Bawaslu Jabar Kampanyekan Pemilu Bersih dan Berintegritas di CFD Dago


Ketua KPU Jabar Rifki Ali Mubarok mengapresiasi kegiatan Sosialisasi Pemilu 2019 Bersih dan Berintegritas yang diselenggarakan Bawaslu Jabar. Sebagai penyelenggara Pemilu 2019, KPU Jabar pun berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2019 bersih dan berintegritas.

"Kami punya komitmen agar Pemilu 2019 berkualitas dan berintegritas, maka proses yang harus dilakukan adalah bagaimana pemilu ini berjalan bersih," kata Rifki.

Karena itu, ujar dia, sebagai lembaga yang bertugas untuk membuat aturan pemilu, KPU Jabar pun mengajak semua stakeholder Pemilu 2019 dan masyarakat luas untuk mematuhi semua aturan main dalam pelaksanan Pemilu 2019.

"Kalaupun ada yang tidak mematuhi peraturan, maka Bawaslu lah yang akan melakukan penindakan. Kami sama-sama bekerja untuk menghadirkan pemilu bersih dan berkualitas," ujar dia.

Agar Pemilu 2019 yang bersih dan berintegritas terwujud, tandas Rifki, KPU Jabar juga akan mengintensifkan sosialisasi peraturan dan mekanisme pelaksanaan Pemilu 2019, seperti tata cara pemasangan alat peraga kampanye yang masih banyak menyimpang dari aturan.

"Kemudian, kami akan menyadarkan mereka (peserta pemilu) dan berharap mereka bisa melakukan proses pemilu ini dengan baik, lancar, dan mematuhi seluruh aturan," tandas Rifki.

Berdasarkan pantauan, kegiatan yang juga dimeriahkan aktraksi kesenian tradisional dan pembacaan puisi tersebut cukup menarik perhatian masyarakat yang memadati area CFD Dago.

Tidak sedikit juga masyarakat yang membutuhkan tandatanganya pada sehelai kain sebagai komitmen untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang bersih dan berintegritas.

Bawaslu Jabar Kampanyekan Pemilu Bersih dan Berintegritas di CFD Dago
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9289 seconds (0.1#10.140)