alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gawat! Sindikat Narkoba Gaet Anak SD-SMP Jadi Kurir

Agus Warsudi
Gawat! Sindikat Narkoba Gaet Anak SD-SMP Jadi Kurir
Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jabar mendapatkan fakta mencengangkan terkait sepak terjang sindikat narkotika yang merekrut anak di bawah menjadi kurir narkoba.

Kepala BNNP Jabar Brigjen Pol Sufyan Syarif mengatakan, pihaknya beberapa kali mengungkap kasus peredaran narkoba dan menangkap para tersangka. Di antara para tersangka itu tak sedikit yang masih di bawah umur.

Fakta itu, kata Sufyan, tak hanya ditemukan di Jabar, tapi hampir di semua provinsi di Indonesia. "Faktanya demikian. Sindikat narkotika merekrut anak di bawah umur, usia SD dan SMP, sebagai kurir. Selain Jabar, ditemukan pula kasus anak-anak jadi kurir narkoba di Sumatera dan Tangerang," kata Sufyan.

Dia mencontohkan, salah satu fakta keterlibatan anak-anak dalam jaringan narkoba itu adalah penangkapan Ucok, bandar sabu yang merupakan narapidana (napi) Lapas Subang. Untuk memuluskan aksi kejahatannya mengedarkan barang haram tersebut, Ucok merekrut FH sebagai kurir. "Sindikat merekrut anak-anak sebagai kurir salah satunya untuk mengelabui petugas," ujar dia.

Sufyan menuturkan, anak-anak mudah sekali dijebak dan terjerumus dalam lembah hitam narkoba. Selain karena tergiur uang dan gaya hidup, tak sedikit dari mereka yang awalnya pemakai narkoba.

Karena tak memiliki uang, akhirnya mereka dibujuk untuk menjadi kurir agar bisa mendapatkan sabu atau narkotika lain secara gratis. "Modus jebakan seperti ini kerap dilakukan sindikat untuk merekrut anak-anak. Sebagian besar dijadikan kurir sabu dan ganja," tutur Sufyan.

Selain itu, ungkap Kepala BNNP Jabar, tak sedikit pula anak-anak yang direkrut sebagai kurir tidak tahu barang yang dibawa dan diantarkan adalah narkoba.

"Anak-anak mudah dikelabui karena kebutuhan ekonomi sehingga tergiur imbalan, mereka mau saja mengantarkan barang haram itu. Jadi ini faktor pemicu masalah ini kompleks," ungkap dia.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif